Manajemen : Jurnal Ekonomi
Vol 6 No 3 (2024): Manajemen : Jurnal Ekonomi Vol 6 No 3 November 2024

Eksplorasi Citra Merek Dan Kualitas Produk Untuk Memastikan Kepuasan Pelanggan Royco Di Kabupaten Bekasi

Bunga Amelia Fauziah (Universitas Bina Sarana Informatika)
Jesisca Rinjani (Universitas Bina Sarana Informatika)
Larasati Dwi Lestari (Universitas Bina Sarana Informatika)
Muhammad Abdullah (Universitas Nusa Mandiri)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Royco di Kabupaten Bekasi. Dalam era persaingan industri bumbu penyedap rasa yang semakin ketat, pemahaman mendalam mengenai faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan menjadi kunci untuk keberhasilan suatu merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis statistik untuk menguji hipotesis baik secara parsial maupun simultan. Data dikumpulkan melalui survei yang melibatkan 96 responden pelanggan Royco di Kabupaten Bekasi dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang memilih responden berdasarkan kriteria: berjenis kelamin perempuan, berdomisili di kabupaten Bekasi, berusia minimal 17 tahun, dan telah menggunakan produk Royco setidaknya dua kali dalam sebulan terakhir. Analisis regresi berganda digunakan untuk mengidentifikasi pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan citra merek memiliki pengaruh 47.50% terhadap kepuasan pelanggan, serta ditemukan fakta jika kualitas produk memberikan kontribusi yang lebih besar dibandingkan citra merek. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi manajemen Royco dalam merumuskan strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penguatan citra merek dan peningkatan kualitas produk. Penelitian ini juga membahas implikasi praktis dan rekomendasi untuk strategi pemasaran yang lebih efektif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JEUSI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Manajemen : Jurnal Ekonomi (EISSN: 2302-5964), adalah jurnal online nasional dengan sistem peer-review, yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun, Indonesia. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ekonomi, Bisnis dan Kewirausahaan. Manajemen : jurnal Ekonomi telah terdaftar di ...