cover
Contact Name
Elfina O P Damanik
Contact Email
jurnalmanajemenfeusi@gmail.com
Phone
+6281396573732
Journal Mail Official
jurnalmanajemenfeusi@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Manajemen - Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun (USI) Jl. Sisingamangaraja No 1 Pematangsiaantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
Manajemen : Jurnal Ekonomi
Published by Universitas Simalungun
ISSN : -     EISSN : 23025964     DOI : https://doi.org/10.36985
Core Subject : Economy,
Manajemen : Jurnal Ekonomi (EISSN: 2302-5964), adalah jurnal online nasional dengan sistem peer-review, yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun, Indonesia. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ekonomi, Bisnis dan Kewirausahaan. Manajemen : jurnal Ekonomi telah terdaftar di LIPI sejak tahun 2012, SK no.005.096/JI.3.2/SK.ISSN/2012. 10-25 2012. Namun dalam perkembangan nya terjadi masalah teknis sehingga tidak pernah ada publikasi jurnal. Pada tahun 2019 Manjemen : Jurnal Ekonomi telah aktif kembal
Articles 182 Documents
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK SWASTA TELADAN PEMATANGSIANTAR Anggeani S, Cristina; Simatupang, Pandapotan; Sehat Sihite, Toga
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 6 No 2 (2024): Vol. 6 No. 2 Tahun 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/vp7vet72

Abstract

Kepemimpinan dan motivasi kerja merupakan salah satu faktor penentu kinerja guru karena kinerja guru ditentukan oleh sikap dan motivasi dari pemimpin. kepemimpinan yang baik dan motivasi kerja yang baik akan menciptakan iklim kerja yang baik pada suatu organisasi yang dalam hal ini adalah sekolah hal ini penting karena kunci suksesnya pendidikan dan pembelajaran adalah kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Swasta Teladan Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian kausal untuk menemukan hubungan sebab-akibat antara dua variabel. teknik pengambiilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus yang didistribusikan pada 50 guru. pengujian data pada penelitian ini yakni dengan uji validitas dan realibiltas, uji hipotesis dan analisis regresi berganda. Di mana uji ini dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS Versi 26. Dari hasil penelitian pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan thitung (5.300) > ttabel (1.677) dan tingkat signifikannya adalah 0.000 < 0,05 hal ini membuktikan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. thitung (2.512) > ttabel (1.677) dengan tingkat signifikannya adalah 0,015 < 0,05 hal ini membuktikan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. uji F menunjukkan fhitung 73.629 > ftabel 3.20 dan tingkat signifikannya adalah 0.000 < 0.05 di mana artinya adalah kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh posiif dan signifikan terhadap kinerja guru. Dari hasil pembahasan diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu 4,353Y + 0,905X1 + 0,636X2 +
PENGARUH GENDER, LITERASI KEUANGAN DAN LIFESTYLETERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA PETANI KELAPA SAWIT DI PEMATANG KERASAAN Johanna Gurning, Demak; Okto Posmaida Damanik, Elfina; H Sinaga, Mahaitin
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 6 No 2 (2024): Vol. 6 No. 2 Tahun 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/dpwsjx83

Abstract

Tingkat kesejahteraan keluarga petani kelapa sawit di Pematang Kerasaan dipengaruhi oleh tiga faktor yang penting dalam menentukan tingkat kesejahteraan keluarga petani tersebut seperti Gender, literasi keuangan, dan lifestyle. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gender, literasi keuangan dan pengaruh lifestyle terhadap tingkat kesejahteraan keluarga petani kelapa sawit di Pematang Kerasaan. Populasi dalam penelitian ini adalah petani kelapa sawit di Pematang Kerasaan sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi pustaka, observasi dan kuesioner lalu diuji menggunakan validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi (R-square). Berdasarkan perhitungan uji koefisien determinasi (R2), dapat dilihat nilai adjusted R Square yang diperoleh 0,671 Angka tersebut menunjukkan bahwa sebesar 67,1% tingkat kesejahteraan keluarga (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh variabel faktor gender, literasi keuangan dan lifestyle, sedangkan sisanya 32,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini
PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KEMUNGKINAN KESULITAN KEUANGAN PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI Sartika, Dhea; Anshari, Rahman; Wahyuni Jamal, Sri
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 6 No 2 (2024): Vol. 6 No. 2 Tahun 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/n8e3je35

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh struktur kepemilikan manajerial terhadap kemungkinan kesulitan keuangan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan archival research yang menggunakan pencatatan time series. Populasi penelitian terdiri dari 296 data perusahaan sektor industri barang konsumsi. Teknik pengambilan sampel menggunakan non - probability sampling dengan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 173 data perusahaan yang memenuhi kriteria sampel. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari situs resmi perusahaan. Struktur kepemilikan manajerial direpresentasikan melalui perbandingan jumlah saham yang telah dilepas ke publik dengan nilai yang dinyatakan dalam bentuk persentase, sedangkan kemungkinan kesulitan keuangan diukur dengan Interest Coverage Ratio. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kepemilikan manajerial berpengaruh positif sebesar 0,000 terhadap kemungkinan kesulitan keuangan perusahaan sektor industri barang konsumsi
PENGARUH EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK IPHONE OLEH MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Arfah Laily S, Dini; Sagala, Edison; Teviana, T; Sarah Syahreza, Dina; Syahreza, Hendra
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 6 No 2 (2024): Vol. 6 No. 2 Tahun 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/k8kc8n65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ekuitas merek dan harga Terhadap Keputusan Pembelian smartphone merek Iphone. Selain itu, penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh antara Harga terhadap keputusan pembelian melalui ekuitas merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak konsumen iphone pada mahasiswa Fakultas ekonomi Universitas Negeri Medan dan mendapatkan sampel sebanyak 90 konsumen. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument berbentuk kuesioner dengan pemberian skor jawabannya menggunakan skala Likert dan diolah secara statistik menggunakan perangkat lunak SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Universitas Negeri Medan yang dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel yaitu 6,525 > 1,662 dan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Harga berpengaruh terhadap Keputusan pembelian smartphone merek iphone pada mahasiswa Universitas Negeri Medan yang dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel yaitu 1.719 > 1,662 dan taraf signifikansi sebesar 0,024 < 0,05. Ekuitas merek dan harga berpengaruh terhadap Keputusan pembelian smartphone Merek iphone pada mahasiswa Universitas Negeri Medan yang dapat dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel yakni 27.742 > 3,10 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05
STRATEGI MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN MELALUI PERIKLANAN PRODUK ERIGO DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Permana, Erwin; Amalia, Dea; Angelica Putri Agestin, Jasmine
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 6 No 2 (2024): Vol. 6 No. 2 Tahun 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/pabxt822

Abstract

Perkembangan ekosistem digital telah membuka peluang bisnis bagi pelaku usaha untuk memasarkan produk dengan menggunakan media sosial. Salah satu pelaku usaha yang tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekosistem digital adalah brand fashion Erigo. Kesuksesan Erigo dalam menembus pasar domestik dan global tak lepas dari pemanfaatan platform media sosial Instagram secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi Erigo dalam meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk mereka melalui platform Instagram. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dari hasil tinjauan publikas resmi serta penelusuran data di berbagai pangkalan data resmi populer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui platform media instagram, Erigo mampu menyampaikan pesan pemasaran secara langsung, menarik, dan relevan kepada target pasarnya. Strategi jitu mereka adalah menggandeng selebritas dan publik figur ternama sebagai model produk. Tak hanya menghadirkan produk secara visual, Erigo juga mengaitkannya dengan gaya hidup yang didambakan audiens. Keefektifan strategi Erigo dibuktikan dengan respons positif terhadap iklan-iklan mereka di media sosial. Daya tarik dan pengaruh selebritas berhasil menarik perhatian banyak pengguna, dan mendorong minat beli konsumen yang ingin mencoba produk yang dipromosikan. Dengan terus mengembangkan dan menyempurnakan strategi ini, Erigo diyakini mampu memperluas pangsa pasarnya
DIGITAL MARKETING: PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK KASYARAA.CO Putu Lia Kharisma Wirayanti, Luh
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 6 No 2 (2024): Vol. 6 No. 2 Tahun 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/z2dbsg18

Abstract

Saat ini, banyak pelaku usaha yang tidak memiliki akses ke teknologi informasi, terutama media digital dikarenakan mereka belum paham akan pentingnya dan manfaat dari teknologi digital marketing. Tujuan meneliti ini ialah untuk menunjukkan seberapa penting strategi pemasaran digital marketing bagi pelaku bisnis. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kasyaraa.co yang berada di Kabupaten Badung sebagai objek penelitian. Sumber data yang didapat dari dokumentasi, hasil mengobservasi dan hasil mewawancarai. Strategi pemasaran digital yang dilakukan oleh kasyaraa.co mencakup beberapa tahap yaitu tahap merencanakan, tahap melaksanakan dan tahap mengontrol. Kasyaraa.co membuat feed Instagram yang menaik, mengadakan giveaway dan discount untuk followers. Analisis insights digunakan untuk memantau perkembangan konten Instagram. Peningkatan penjualan produk dari kasyaraa.co adalah hasil positif dari penerapan pemasaran digital
DINAMIKA MINAT BELI KONSUMEN: PERAN KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI YANG EFEKTIF DI SHOPEE Saputra, Sopio; Vereysita, Sania; Gouwtami, Marcella; Lathifah Mesi Andayani, Tri; Abdullah, Muhammad
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 6 No 2 (2024): Vol. 6 No. 2 Tahun 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/ydx6d166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor yang memengaruhi minat beli konsumen pada toko online Pabrikolahraga_01 di platform Shopee. Berdasarkan kajian literatur, kualitas produk dan promosi dipilih sebagai variabel independen yang berpotensi memengaruhi minat beli konsumen. Jumlah responden dalam riset ini adalah 96 orang yang didapatkan dari penggunaan rumus Lemeshow, teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling dengan kriteria responden berusia minimal 18 tahun, berdomisili di kota Jakarta, dan pernah berbelanja di Pabrikolahraga_01. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian kuantitatif yang dimulai dengan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi dan uji hipotesis menggunakan software SPSS 25 for windows. Data dalam riset ini adalah hasil penyebaran kuesioner melalui google forms, analisis data menunjukkan bahwa kualitas produk Pabrikolahraga_01 memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Sementara itu, promosi yang dilakukan oleh Pabrikolahraga_01 juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Secara simultan, kualitas produk dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat beli konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang memperhatikan baik kualitas produk maupun promosi dapat berhasil meningkatkan minat beli konsumen. Temuan ini konsisten dengan penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa kualitas produk yang baik dan promosi yang efektif dapat meningkatkan minat beli konsumen
UJI EFEKTIVITAS METODE BREAKOUT SUPPORT RESISTANCE UNTUK PROBABILITAS PADA FOREIGN EXCHANGE MARKET (FOREX) Tjitrayudha, Marcel; Kosasih
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 6 No 2 (2024): Vol. 6 No. 2 Tahun 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/saj8g536

Abstract

Penelitian ini menyelidiki efektivitas strategi perdagangan Breakout Sideways dalam pasar Forex, dengan fokus khusus pada pair XAUUSD dalam timeframe H1 sepanjang tahun 2022. Tujuan utamanya adalah untuk menentukan profitabilitas strategi dan mengevaluasi kejadian Kerugian dan Profit Berturut - turut. Dengan menggunakan backtesting sebagai metode penelitian utama, kinerja strategi dianalisis melalui data historis. Hasil penelitian menunjukkan tingkat probabilitas sebesar 72,73% untuk mencapai hasil yang konsisten sesuai dengan strategi, dengan terjadinya 9 kali keuntungan berturut - turut dan 3 kali kerugian berturut-turut selama periode pengujian satu tahun. Temuan ini menyarankan bahwa strategi Breakout Sideways memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan yang stabil dalam jangka waktu yang lebih panjang
Evaluasi Dampak Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Terhadap Pertumbuhan Dan Pengembangan UMKM Di Indonesia Purnama, Chamdan; Zulfa Rahmah, Zakiyah; Fatmah, Dinda; Rahmah, Mirhamida; Hasani, Syaiful; Rahmah, Yusriyah; Andriani; Alfaina Karem, Nahdya
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 6 No 2 (2024): Vol. 6 No. 2 Tahun 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/fabzp258

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Indonesia, dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui situs web Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Studi ini memanfaatkan data sekunder, seperti dokumen, catatan, atau laporan historis yang tersimpan dengan baik dalam arsip. Metode yang diterapkan meliputi kajian literatur dan diskusi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa BPRS telah sukses menerapkan manajemen yang efektif dalam mengelola rasio Dana Pihak Ketiga (DPK) terhadap pembiayaan, terutama untuk sektor UMKM. BPRS juga berhasil meraih tingkat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat dalam pembiayaan UMKM, yang terlihat dari peningkatan jumlah pembiayaan yang disalurkan setiap tahunnya. Kondisi ini sejalan dengan pertumbuhan jumlah UMKM di Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya
Pengaruh Keterlibatan Kerja Dan Komitmen Karyawan Terhadap Kinerja Wartawan Harian Umum Kabar Priangan Fajar Kusuma, Siska
Manajemen: Jurnal Ekonomi USI Vol 6 No 2 (2024): Vol. 6 No. 2 Tahun 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/72wh5s53

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji bagaimana partisipasi kerja dan dedikasi mempengaruhi pelaporan kinerja Harian Umum Kabar Priangan. Teknik survei merupakan metodologi penelitian yang dipergunakan. Informasi tersebut dikumpulkan langsung melalui kuesioner yang diterima dari wartawan Harian Umum Kabar Priangan. Analisis regresi linier berganda merupakan teknik analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh keterlibatan kerja dan komitmen karyawan kepada kinerja wartawan Harian Umum Kabar Priangan. Maka, disarankan terhadap hasil tanggapan yang diberikan wartawan Harian Umum Kabar Priangan untuk terus memperbaiki keterlibatan kerja serta komitmen karyawan, sehingga kinerja wartawan akan terus meningkat

Page 1 of 19 | Total Record : 182