Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 10 No. 4 (2024)

Ragam Kolaboratif Tindak Tutur Ilokusi pada Dialog Iklan Produk-Produk PT. Sinar Sosro di Televisi Indonesia (Kajian Pragmatik)

Anastasia Hotmauli Sinaga (Universitas Negeri Makassar)
Azis Azis (Universitas Negeri Makassar)
Usman Usman (Universitas Negeri Makassar)
Johar Amir (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah mendeskripsikan wujud tindak tutur ilokusi pada dialog iklan produk-produk PT Sinar Sosro Indonesia di televisi Indonesia dan mengkaji ragam kolaboratif tindak tutur ilokusi pada iklan produk PT Sinar Sosro di televisi Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data penelitian ini dirancang untuk menganalisis tentang ragam tutur ilokusi kolaboratif pada produk PT Sinar Sosro yang diiklankan di televisi swasta Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat wujud tindak tutur ilokusi pada dialog iklan produk-produk PT Sinar Sosro di televisi Indonesia meliputi: (1) kalimat direktif, (2) kalimat interogatif, dan (3) kalimat imperatif. Mengenai ragam kolaboratif tindak tutur ilokusi pada dialog iklan produk-produk PT Sinar Sosro ditelevisi Indonesia meliputi: (1) menyatakan, (2) mengumumkan, (3) melaporkan, dan (4) mengajarkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...