Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 11 No. 1 (2025)

Systematic Literature Review: Penggunaan Media Digital dalam Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa BIPA

Tsania Maulidia (Universitas Negeri Malang)
Gatut Susanto (Universitas Negeri Malang)
Imam Suyitno (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2025

Abstract

Penggunaan media digital telah menjadi aspek krusial dalam inovasi pembelajaran, terutama dalam pengajaran bahasa Indonesia untuk mahasiswa BIPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis jenis-jenis media digital yang diterapkan dalam pengajaran bahasa Indonesia bagi mahasiswa BIPA selama periode 2019 hingga 2023. Metode yang digunakan adalah Tinjauan Pustaka Sistematis, dengan menganalisis sepuluh artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat lima kategori utama media digital yang digunakan: aplikasi mobile (40%), platform pembelajaran online (20%), media audiovisual (20%), buku digital (10%), dan media sosial (10%). Efektivitas media digital menunjukkan hasil yang positif, dengan rata-rata peningkatan kemampuan bahasa mencapai 75% dan tingkat kepuasan pengguna sebesar 82%. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan teknis, seperti keterbatasan akses (35%) dan kebutuhan untuk pengembangan fitur (25%). Temuan ini berkontribusi dalam pemetaan penggunaan media digital untuk pembelajaran BIPA dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...