ECEJ Early Childhood Education Journal
Vol. 1 No. 2 (2024): Volume 01 Nomor 02 (Juni 2024)

Pengaruh Problem Based Learning Melalui Kegiatan Bermain Puzzle Terhadap Kemampuan Geometri Anak Usia Dini

Rahmadhani, Rismaeni (Unknown)
Amal, Azizah (Unknown)
Parwoto (Unknown)
Lismayani, Angri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh problem based learning melalui kegiatan bermain puzzle dengan media kertas terhadap kemampuan geometri pada Anak Usia Dini TK Maruzan Makassar. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design dan desain penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini ialah peserta didik di TK Maruzan Makassar yang berusia 5-6 tahun. Purposive sampling digunakan untuk pengambilan sampel pada penelitian ini. 12 anak menjadi sampel dalam penelitian ini, 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Hasil analisis data diperoleh Asym (2-tailed) = 0,024 < 0,05 HI diterima dan H0 ditolak, artinya kemampuan geometri anak yang diberi perlakuan dengan metode pembelajaran berbasis masalah melalui kegiatan bermain puzzle pada kelompok eksperimen memiliki perkembangan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa metode problem based learning melalui kegiatan bermain puzzle berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan geometri anak usia 5-6 tahun di TK Maruzan Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ecej

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Early Childhood Education Journal is an open access peer reviewed scientific journal published by PT Ininnawa Paramacitra Edukasi. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published ...