cover
Contact Name
Angri Lismayani
Contact Email
angri.lismayani@unm.ac.id
Phone
+6285399692435
Journal Mail Official
pt.ininnawaparamacitraedukasi@gmail.com
Editorial Address
Komplek Bumi Palem P23, Kelurahan Gunung Sari, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
ECEJ Early Childhood Education Journal
ISSN : -     EISSN : 30265568     DOI : https://doi.org/10.62330/ecej
Early Childhood Education Journal is an open access peer reviewed scientific journal published by PT Ininnawa Paramacitra Edukasi. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published periodically twice a year, in November and May. The editor receives posts that have not been published in other print media. Early Childhood Education Journal aims to provide a forum for consideration of issues and for the exchange of information and ideas on research and practice in the field of children’s developmental and malay parenting. Early Childhood Education Journal features original research in children’s education from around the world. With this as its main focus, it should be emphasized that the definition of education contains parenting and its multidisciplinary approach, covering all related fields, including Early Age Development, child’s health and social work. Topics of interest include, but are not limited.
Articles 26 Documents
Psikoedukasi Peran Orang Tua Dalam Mengawasi Penggunaan Gadget Anak Usia Dini Di Era Digital Fitriani Dzulfadhilah
ECEJ : Early Childhood Education Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 01 Nomor 01 (Desember 2023)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/ecej.v1i1.7

Abstract

Anak generasi Alpha sangat cerdas dalam bidang teknologi digital. Kehadiran teknologi memberikan keuntungan terlebih ketika menggunakan gadget yang sangat praktis untuk dibawa. Pada era digital, gadget bisa berdampak positif ataupun negatif terhadap tumbuh kembang anak usia dini. Dampak positif penggunaan gadget adalah mampu mendukung untuk menambah pengetahuan anak. Dampak penggunaan gadget yang berlebihan, tidak wajar, serta tidak didampingi oleh orang tua, terutama pada anak usia dini dapat menimbulkan efek negatif pada perkembangan anak. Orang tua belum memiliki aturan yang tetap mengenai penggunaan gadget pada anak usia dini terkait durasi maupun pembatasan konten. Selain itu, aturan penggunaan gadget pada anak juga belum bisa diterapkan secara konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi terhadap pemahaman orang tua terkait peran orang tua dalam mengawasi penggunaan gadget anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain single-group, pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua yang memiliki anak usia dini di TK dan Play Group Naurah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non-parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji, menunjukkan bahwa data Asymp Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh psikoedukasi untuk meningkatkan pemahaman orang tua terkait peran orang tua dalam mengawasi penggunaan gadget anak usia dini di TK dan Play Group Naurah Makassar.
Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Lego Di Taman Kanak-Kanak Minasa Upa Makassar Amriani, Sri Rika
ECEJ : Early Childhood Education Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 01 Nomor 01 (Desember 2023)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/ecej.v1i1.8

Abstract

This study examines the creativity of children aged 5-6 years through lego games in Pasuleang II kindergarten, Takalar district. The purpose of this study is to find out how children's creativity, especially ages 5-6 years. The approach in this research is descriptive qualitative with the focus of open research, namely children's creativity through lego games with the research subject, namely children aged 5-6 years in Pasuleang II kindergarten, Takalar district with the number of students, namely 24 children with one teacher. Data collection is done through direct observation by observing how children's creativity when playing lego. The data collection through interviews was conducted with group B teachers, as well as conducting documentation by collecting the results of children's assessments in the form of portfolios. Furthermore, data analysis techniques are carried out using compensional analysis techniques which include data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that students in Pasuleang II Kindergarten have good creativity in lego games, including children who are able to think quickly, able to adjust easily, able to think original, able to detail or elaborate, and have the skills to assess.
Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Angri Lismayani
ECEJ : Early Childhood Education Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 01 Nomor 01 (Desember 2023)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/ecej.v1i1.9

Abstract

Children's gross motor skills are one of the aspects that need to be developed to help early childhood in active play. The purpose of this study was to determine the effect of rhythmic gymnastics on the gross motor skills of early childhood. The research used a quantitative approach of One Group Pretest Postes research type. The research subjects were 14 children. The results showed that children's social-emotional abilities increased before and after being treated, namely Zhitung of -3,314 and a sig. value of 0.001 indicating that the sig value. 0.001 <0.05 so that there is a difference in the motor skills of children who are treated before and after the activity.
Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini Nursyamsih; Rusmayadi; Rika Kurnia R; Sri Rika Amriani.H
ECEJ : Early Childhood Education Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 01 Nomor 01 (Desember 2023)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/ecej.v1i1.10

Abstract

This research is a quasi-experimental study that aims to determine the effect of the number block game on the ability to recognize number symbols in Early Childhood Kindergarten of Nur Ichsan before and after being given treatment and to find out whether or not the number block effect has on the ability to recognize the symbols of group A children in Early Childhood Kindergarten of Nur Ichsan. This research, the Number Block Game as independent variable, and the ability to recognize number symbols as dependent variable. The population in this study were students at Early Childhood Kindergarten of Nur Ichsan, Takalar Regency, totaling 25 children. Sampling in this study uses purposive sampling. The sample in this study was ten children divided into five children as the experimental group and five as the control group. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis and non-parametric analysis. Data analysis results obtained by Asym (2-tailed) = 0.034 <0.05 H1 is accepted, and H0 is rejected, meaning that the ability to recognize number symbols in the experimental class is better than the control class. That proves that the Number Block Game significantly influences the ability to recognize symbols in early childhood numbers.
Analisis Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Asti, Sri Wahyuni
ECEJ : Early Childhood Education Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 01 Nomor 01 (Desember 2023)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/ecej.v1i1.11

Abstract

Eksperimen Semu yang dilakukan dalam penelitian ini menjadi wadah yang bertujuan untuk melihat perbedaan keterampilan menyimak pada anak saat sebelum dan setelah diberikan perlakuan metode bercerita menggunakan media yang disebut dengan media pop-up book, serta dapat mengetahui apakah ada pengaruh metode mendongeng menggunakan media pop-up book terhadap keterampilan menyimak pada anak usia 5-6 tahun di Ra Arifah Kabupaten Gowa. Variabel bebas yang terdapat pada penelitian ini yaitu metode bercerita menggunakan media pop-up book, sedangkan variabel terikatnya yaitu keterampilan menyimak. Populasi pada penelitian ini yaitu kelompok B di Ra Arifah Kabupaten Gowa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, yaitu terdiri dari 12 anak. Sampel tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak lainnya sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Hasil analisis data yang diperoleh Asym (2-tailed) = 0,026 < 0,05, H0 ditolak dan H1 diterima, artinya keterampilan menyimak anak menggunakan media pop-up book memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan menyimak anak di Ra Arifah Kabupaten Gowa.
Pengaruh Penggunaan Media Fall Sweater Writing Skill Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Febriyanty, Dhia Hana; Herlina; Amal, Azizah; Dzulfadhilah, Fitriani
ECEJ : Early Childhood Education Journal Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 01 Nomor 01 (Desember 2023)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/ecej.v1i1.12

Abstract

Kemampuan motorik halus anak usia dini yang masih tergolong belum berkembang optimal khususnya pada kegiatan menulis dan menggambar merupakan hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Fall Sweater Writing Skill terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini di TK Nurul Fadhilah Kabupaten Gowa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, di mana sampel penelitian merupakan anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Fadhilah Kabupaten Gowa yang berjumlah 14 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik menggunakan uji Wilcoxon sign-rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,016 0,05. Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan motorik halus anak usia dini setelah menggunakan media Fall Sweater Writing Skill, sehigga dapat disimpulkan kegiatan menjiplak menggunakan media Fall Sweater Writing Skill memberikan pengaruh yang signifikan dalam peningkatan motorik halus anak.
Pengaruh Problem Based Learning Melalui Kegiatan Bermain Puzzle Terhadap Kemampuan Geometri Anak Usia Dini Rahmadhani, Rismaeni; Amal, Azizah; Parwoto; Lismayani, Angri
ECEJ : Early Childhood Education Journal Vol. 1 No. 2 (2024): Volume 01 Nomor 02 (Juni 2024)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/ecej.v1i2.21

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh problem based learning melalui kegiatan bermain puzzle dengan media kertas terhadap kemampuan geometri pada Anak Usia Dini TK Maruzan Makassar. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design dan desain penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini ialah peserta didik di TK Maruzan Makassar yang berusia 5-6 tahun. Purposive sampling digunakan untuk pengambilan sampel pada penelitian ini. 12 anak menjadi sampel dalam penelitian ini, 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Hasil analisis data diperoleh Asym (2-tailed) = 0,024 < 0,05 HI diterima dan H0 ditolak, artinya kemampuan geometri anak yang diberi perlakuan dengan metode pembelajaran berbasis masalah melalui kegiatan bermain puzzle pada kelompok eksperimen memiliki perkembangan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa metode problem based learning melalui kegiatan bermain puzzle berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan geometri anak usia 5-6 tahun di TK Maruzan Makassar.
Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Rimang; Rusmayadi; Syamsuardi; Kurnia R, Rika
ECEJ : Early Childhood Education Journal Vol. 1 No. 2 (2024): Volume 01 Nomor 02 (Juni 2024)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/ecej.v1i2.42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca awal di TKIT Nurul Fikri Makassar. Jenis pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling sampel dalam penelitian ini adalah 12 peserta didik dengan 6 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan 6 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Tehnik pengumpulan data pada penlitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca awal anak diberi perlakuan media kartu kata bergambar pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis data nilai rata-rata pada kelompok eksperimen 30.450 sedangkan pada kelompok kontrol 14,3333. Hasil pengujian nilai sig. 0,028 (2-tailed) HO ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media kartu kata bergambar dapat memberikan pengaruh pada kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di tkit nurul fikri Makassar.
Pengaruh Senam Irama Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Juwita; Herlina; Muhammad Akil Musi
ECEJ : Early Childhood Education Journal Vol. 1 No. 2 (2024): Volume 01 Nomor 02 (Juni 2024)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/ecej.v1i2.86

Abstract

Kemampuan motorik adalah hal penting yang tidak dapat dipisahkan dari perkembangan seorang anak. Salah satu strategi yang efektif untuk menstimulasi peningkatan kemampuan motorik kasar anak adalah melalui pelaksanaan senam irama. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh senam irama terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA Alif Mattoanging. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian kuasi eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling (pengambilan sampel dengan peluang sama), yaitu dengan memilih sampel dengan peluang sama, karena populasi memiliki karakteristik yang sama dilihat dari segi usia yaitu usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dengan statistik deskriptif dan analisis non-parametrik. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Sign-rank. Hasil analisis data diperoleh Asymp (2-tailed) = 0,027 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari senam irama terhadap perkembangan motorik kasar anak Usia 5-6 Tahun di RA Alif Mattoanging.
Penggunaan Media Game Edukasi Let’s Move Berbasis Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Amriani, Sri Rika
ECEJ : Early Childhood Education Journal Vol. 1 No. 2 (2024): Volume 01 Nomor 02 (Juni 2024)
Publisher : PT Ininnawa Paramacitra Edukasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62330/ecej.v1i2.87

Abstract

Fokus penelitian ini adalah gambaran penggunaan Media Game Edukasi “Let’s Move” berbasis Aplikasi Wordwall. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan guru dalam menggunakan Media Game Edukasi “Let’s Move” berbasis Aplikasi Wordwall.. Pertama, persiapan, di mana guru merencanakan kegiatan pembelajaran dan mengunduh Media Game Edukasi aplikasi dengan menggunakan Smartphone atau Laptop. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dengan Media Game Edukasi “Let’s Move” berbasis Aplikasi Wordwall.selama 10-15 menit di awal sesi pembelajaran, dengan kegiatan interkatif seperti berlomba dan mengikuti instruksi dari guru. Ketiga, guru memberikan reward dan motivasi kepada anak-anak setelah bermain “Let’s Move” untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dari hasil penggunaan media tersebut, menunjukkan bahwa Media game edukasi "Let's Move" terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan melakukan gerakan tubuh dengan seimbang pada anak usia dini. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam tes keseimbangan dan observasi langsung terhadap perilaku anak saat bermain media game ini. Media game "Let's Move" memiliki beberapa keunggulan, seperti menggunakan permainan menarik, dirancang sesuai tahapan perkembangan anak, dan dapat digunakan secara individu maupun kelompok.

Page 1 of 3 | Total Record : 26