Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 4 No 1 (2025): Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Pembelajaran Fiqh Di SD Kartika 3

Fauziah, Ismi Siti (Unknown)
Wigar, Lingga Shevila (Unknown)
Rismayanti, Rismayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Kartika 3 dan untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya bab fiqh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berlangsung di SD Kartika 3 sudah sesuai dengan program yang direncanakan. a) dalam penggunaan media/metode guru sudah menggunakan media/pendekatan dalam proses pembelajaran dengan variasi. Tetapi metode ceramah masih dominan digunakan. b) Sumber daya guru yang tersedia cukup memenuhi kualifikasi dan standar proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. c) Pengelolaan kelas kondusif walaupun masih ditemukan beberapa siswa masih kurang antusias dalam belajar d) Sarana dan prasana cukup lengkap dan mendukung proses kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

arrusyd

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Fokus dan ruang lingkup Jurnal Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan Islam, Ilmu pendidikan Islam, Strategi pembelajaran pendidikan Islam, Kurikulum pendidikan Islam, Manajemen ...