Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Kartika 3 dan untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya bab fiqh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berlangsung di SD Kartika 3 sudah sesuai dengan program yang direncanakan. a) dalam penggunaan media/metode guru sudah menggunakan media/pendekatan dalam proses pembelajaran dengan variasi. Tetapi metode ceramah masih dominan digunakan. b) Sumber daya guru yang tersedia cukup memenuhi kualifikasi dan standar proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. c) Pengelolaan kelas kondusif walaupun masih ditemukan beberapa siswa masih kurang antusias dalam belajar d) Sarana dan prasana cukup lengkap dan mendukung proses kegiatan pembelajaran.
Copyrights © 2025