Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 14, No 2 (2024): Edisi Juli - Desember 2024

ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN E-MODUL KARIER UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER SISWA SMAN 1 DAMPAL SELATAN

Mirdan, Moh (Universitas Negeri Makassar)
Pandang, Abdullah (Universitas Negeri Makassar)
Latif, Suciani (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan E-Modul Karier guna meningkatkan perencanaan karier siswa SMA. Metode penelitian menggunakan survei dengan penyebaran angket kepada 30 siswa kelas XII SMAN 1 Dampal Selatan, yang dipilih secara acak. Hasil analisis menunjukkan bahwa 70% siswa tidak memahami perencanaan karier, dan 75% belum menentukan pilihan karier. Kendala utama adalah minimnya informasi karier dan terbatasnya layanan bimbingan konseling akibat rasio guru-siswa yang tidak ideal (1:650). Siswa menginginkan media pembelajaran berbasis digital yang fleksibel, mudah diakses, dan mencakup materi seperti pemahaman diri, minat, bakat, tipe kepribadian, serta jalur karier. E-Modul ini diharapkan menjadi solusi efektif untuk mendukung siswa dalam eksplorasi dan pengambilan keputusan karier secara mandiri..

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...