Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman magang dan soft skill terhadap kesiapan kerja mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode asosiatif menggunakan analisis regresi linear berganda. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 56 mahasiswa semester 5 dan 7 yang telah menjalani magang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman magang memiliki pengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa, sedangkan soft skill tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Secara bersama-sama, pengalaman magang dan soft skill hanya menjelaskan 16,9% variasi dalam kesiapan kerja mahasiswa. Temuan ini menegaskan pentingnya program magang sebagai sarana untuk menghubungkan teori akademik dengan praktik dunia kerja, serta perlunya strategi pengembangan soft skill yang lebih efektif. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi institusi pendidikan untuk memperkuat kurikulum magang dan program pengembangan soft skill guna meningkatkan kesiapan kerja mahasiswa.
Copyrights © 2024