MediaKom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Vol 14, No 2 (2024): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Strategi Komunikasi Persuasi Marketing Dalam Menawarkan Pinjaman Dana Pada Nasabah Perusahaan Jasa Keuangan Di Kabupaten Bogor

Syawaludin, Choirullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Abstract.The economic crisis in Indonesia since 2020, BPS reported the decline from all sectors such as MSMEs to large companies, resulting in mass layoffs. Persuasive communication strategy is a combination of persuasive communication planning with communication management, therefore in order to achieve the desired goals, the strategy made must reflect operational tactics. The steps in the components of a persuasive communication strategy will affect the achievement of the expected goals such as knowing the target audience, Current technological developments make it possible to communicate without limitations of space and time, one of which is using social media. In reality, currently social media can be a place to communicate and also increase income. This study aims to explain and describe what and how the persuasive communication strategy is and the obstacles experienced by the marketing team. This study uses the Relational Control Theory and Computer Mediated Communication theories with a constructivist paradigm in a qualitative approach. The results of the first study, the choice of persuasive communication strategy for the marketing team in offering loans to customers of financial services companies in Bogor Regency, namely building relationships such as relationship development models and approach techniques that influence communication intimacy, communication stages that influence changes in target attitudes through determining the audience, compiling message content or content containing promotions, determining the methods and communication media to be used.Keywords: Persuasive Communication Strategy, Marketing, Communication Media Abstrak.Krisis ekonomi di Indonesia sejak 2020, BPS menyampaikan penurunan tersebut dari semua sektor seperti tingkat UMKM hingga perusahaan besar, sehingga menimbulkan PHK massal. Strategi komunikasi persuasif merupakan perpaduan antara perencanaan komunikasi persuasif dengan manajemen komunikasi, oleh karen itu agar mencapai tujuan yang diinginkan maka dalam strategi yang dibuat, harus mencerminkan operasional taktis. Langkah-langkah dalam komponen strategi komunikasi persuasif akan mempengaruhi tercapainya tujuan yang diharapkan seperti mengenal sasaran khalayak, Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan untuk berkomunikasi tanpa batasan ruang dan waktu, salah satunya menggunakan media sosial. Kenyataannya, saat ini media sosial dapat menjadi wadah untuk berkomunikasi dan juga menambah penghasilan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan apa dan bagaimana strategi komunikasi persuasi serta hambatan yang dialami tim marketing. Penelitian ini menggunakan teori Relational Control Theory dan Computer Mediated Communication dengan paradigma konstruktivis pada pendekatan kualitatif. Hasil penelitian satu, pilihan strategi komunikasi persuasi tim marketing dalam menawarkan pinjaman dana pada nasabah perusahaan jasa keuangan di Kabupaten Bogor yaitu membangun hubungan seperti model relationship development serta teknik pendekatan yang mempengaruhi keintiman komunikasi, tahapan komunikasi yang mempengaruhi perubahan sikap sasaran melalui penentuan khalayak, menyusun isi pesan atau konten yang berisikan promosi, menentukan metode dan media komunikasi yang akan digunakan.Kata kunci: Strategi Komunikasi Persuasif, Marketing, Media Komunikasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MediaKom Jurnal Ilmiah Komunikasi diterbitkan oleh Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu buana, terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu edisi Juni dan Edisi Desember. Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi menerima tulisan dengan tema corporate dan marketing communication, political ...