Jurnal Witana
Vol 1 No 1 (2023)

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Yogya Grand Cirebon

Lilo Ananda (Manajemen Bisnis Universitas Catur Insan Cendekia)
Amroni Amroni (Universitas Catur Insan Cendekia)
Muthia Fariza (Universitas Catur Insan Cendekia)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meneltii pengaruh kualitas pelayanan dan promosi dalam menigkatkan kepuasan pelanggan Yogya Grand Cirebon secara parsial dan simultan. Survei dilakukan kepada pelanggan Yogya Grand Kota dan Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan dengan pendekatan deskriptif kemudian alat untuk mengukur indikator yang menggunakan skala Likert Sangat setuju, setuju, ragu – ragu, tidak setuju dan sangat tidak setuju. Pengumpulan data dengan metode kuesioner yang disebarkan dalam bentuk google-form dan kertas terdiri dari 37 pernyataan yang diisi oleh 94 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji T, uji F dan koefisiensi determinasi. Hasil penelitian menungkapkan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan pelanggan nilai 2,069 > 1,661 dan nilai sig <0,05, variabel promosi berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan nilai 4,421 > 1,661 dan nilai sig <0,05. Untuk hasil penelitian secara simultan variabel kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan nilai 39,311 > 2,36 dan nilai sig <0,05. Nilai R Square sebesar 0,464 menunjukkan bahwa persentase pengaruh kualitas pelayanan dan promosi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan adalah sebesar 46,4% dan sisanya 53,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jw

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Witana dipublikasikan sejak awal tahun 2023 oleh Program Studi Manajemen Bisnis Universitas Catur Insan Cendekia. Jurnal Witana terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada Bulan Februari dan Agustus memuat hasil penelitian berupa kajian manajemen dan bisnis, yang meliputi manajemen ...