cover
Contact Name
Amroni
Contact Email
amroni@cic.ac.id
Phone
+6281321740787
Journal Mail Official
amroni@cic.ac.id
Editorial Address
Jl Kesambi No 202 Cirebon
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Witana
ISSN : 30235420     EISSN : 30235420     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Witana dipublikasikan sejak awal tahun 2023 oleh Program Studi Manajemen Bisnis Universitas Catur Insan Cendekia. Jurnal Witana terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada Bulan Februari dan Agustus memuat hasil penelitian berupa kajian manajemen dan bisnis, yang meliputi manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen keuangan sesuai isu-isu bisnis yang berkembang saat ini. Witana diambil dari Cerita Babad Cirebon, artinya tanah atau pedukuan pertama yang dibangun oleh Embah Kuwu Cirebon dari filosofi ini diharapkan Jurnal Witana menjadi jurnal pertama yang dapat melahirkan peneliti-peneliti berpengaruh pada bidang ilmu Manajemen Bisnis, sebagai referensi bagi para mahasiswa dan peneliti untuk melakukan penelitian selanjutnya, serta bagi para praktisi bisnis di dalam menentukan strategi manajemen dan bisnis.
Articles 57 Documents
PENGARUH HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA MAHASISWA UCIC CIREBON Christianto Wijaya, Jonathan; Fariza, Muthia
Jurnal Witana Vol 1 No 2 (2023)
Publisher : Jurnal Witana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meneltii pengaruh harga dan brand image terhadap keputusan pembelian produk fashion pada e-commerce Tokopedia secara parsial dan simultan. Survei dilakukan kepada Mahasiswa Universitas Catur Insan Cendekia Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan dengan pendekatan deskriptif kemudian alat untuk mengukur indikator yang menggunakan skala Likert: Sangat Setuju, Setuju, Netral, Tidak Setuju dan Sangat Tidak Setuju. Pengumpulan data dengan metode kuesioner yang disebarkan dalam bentuk google-form, terdiri dari 15 pernyataan yang diisi oleh 89 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji T, uji F dan koefisiensi determinasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara parsial variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai 4,490 > 1,661 dan nilai sig 0,000 < 0,05, variabel brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai 3,045 > 1,661 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Untuk hasil penelitian secara simultan variabel harga dan brand image berpengaruh terhdadap keputusan pembelian dengan nilai 89,953 > 2,38 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Nilai R Square sebesar 0,711 menunjukkan bahwa persentase pengaruh harga dan brand image terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 71,1% dan sisanya 28,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM ‟MOLEN ABAH NDUT‟ DALAM MEMBENTUK BRAND AWARENESS Septiani, Alfi; Fariza, Muthia
Jurnal Witana Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : Jurnal Witana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kondisi ekonomi di bidang bisnis yang serba kompetitif terutama di era globalisasi mengartikan semakin pesat pertumbuhan dan perubahan ekonomi dalam kegiatan bisnis yang berjalan, berdasarkan hal tersebut pengusaha membutuhkan strategi dan konsep komunikasi yang tepat dalam menjaga keberlangsungan hidup dari usahanya, terutama dalam mencapai tujuan yang diinginkan yaitu untuk mendapatkan konsumen agar usahanya tetap berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram dalam strategi komunikasi bisnis Molen Abah Ndut. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik dari usaha Molen Abah Ndut, yaitu Bapak Wiharta dan Bapak Yahya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilik bisnis Molen Abah Ndut menggunakan strategi dalam komunikasi bisnis untuk melakukan promosi serta menjalin komunikasi dengan publik agar menarik minat pembeli dan dapat membangun citra positif. Terlihat dari testimoni para konsumen yang sudah merasakan camilan Molen Abah Ndut. Hal ini juga dijelaskan oleh para konsumen yang merespon untuk produk Molen Abah Ndut tersebut mendapat respon baik dari setiap konsumen. Cita rasa juga terbentuk dari tekstur molen yang sangat minim minyak sehingga membuat molen terasa lebih Crispy dari molen lainnya. Sedangkan mengenai kesadaran merk atau Brand Awareness Molen Abah Ndut yang menjadi Top of Mind merupakan Molen pertama diingat oleh konsumen. Hal ini berarti respon Bisnis Molen Abah Ndut yang diberikan kepada konsumen di nilai sangat baik.dan terbangun brand awareness pada merk Molen Abah Ndut.
PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN LEMONILO Prisilia Jesica, Sheren; Pranata, Sudadi; Lukita, Chandra
Jurnal Witana Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : Jurnal Witana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring waktu, kondisi, dan pesatnya kemajuan teknologi membuat semakin meningkatnya perkembangan bisnis saat ini, dikarenakan banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi masyarakat Indonesia. Agar dapat merebut pasar pangan, PT Lemonilo melakukan strategi bisnis dengan mengeluarkan produk mie instan sehat. Dilakukan pemasaran produk melalui iklan dan menekankan pada brand image yang dimiliki sebagai produk mie instan sehat, dengan harapan masyarakat tertarik dengan produk yang diiklankan dan memiliki citra yang positif akan memberikan kepercayaannya untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Efektivitas Iklan dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Lemonilo. Populasi pada penelitian ini adalah penduduk Kota Cirebon, berusia 15-39 tahun yaitu sebesar 137.493 jiwa. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan menggunakan rumus Slovin dimana jumlah populasi dijadikan bagian terkecil sampel yaitu sebanyak 100 responden. Alat uji analisis yang digunakan yaitu software Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Lemonilo. Efektivitas Iklan dan Brand Image secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Lemonilo.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (BATIK TRUSMI) Sundana, Sundana; Pranata, Sudadi; Lukita, Chandra
Jurnal Witana Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : Jurnal Witana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Batik kini sudah berkembang mengikuti perkembangan zaman sehingga melahirkan berbagai jenis dan corak batik yang unik di setiap daerah. Persaingan yang ketat ini mendorong produsen menciptakan inovasi yang baru, begitu pula dengan BT Batik Trusmi yang terus mengembangkan kualitas produk. Seseorang akan merasakan kepuasan terhadap suatu produk jika produk tersebut memiliki kualitas yang baik dan memliki citra merek dan dikenal oleh banyak orang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk BT Batik Trusmi Cirebon, mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk BT Batik Trusmi Cirebon, mengetahui Kualitas produk dan citra merek secara simultan terhadap keputusan pembelian produk BT Batik Trusmi Cirebon. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Responden dalam penelitian berjumlah 100 yang bertempat tinggal di Kabupaten dan Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan Software Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian BT Batik Trusmi, citra merek berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian BT Batik Trusmi dan kualitas produk dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian BT Batik Trusmi.
STRATEGI PEMASARAN UMKM KERUPUK TULANG AYAM SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 Yahya, Irfan; Kartika, Ika; Nurhana Dhea Praadha Gitama, Gytha; Lukita, Chandra
Jurnal Witana Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : Jurnal Witana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

UMKM sangat berdampak besar bagi perekonomian Indonesia, maka dari itu diperlukan berbagai strategi pemasaran supaya UMKM kerupuk tulang ayam dapat meningkatkan omzet penjulannya. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pemasaran , melalui penyusunan strategi usaha yang akurat agar dapat mengembangkan usaha UMKM krupuk tulang ayam, khusunya di masa pandemi covid- 19.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran UMKM kerupuk Tulang Ayam Selama Masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan dari wawancara dan observasi berupa strategi apa saja yang digunakan pada UMKM selama pandemi, hambatan apa saja yang dialami dalam penjualan, serta pengembangan apa saja yang akan dilakukan para pelaku usaha tersebut dalam mengembangkan usahanya.
PENGARUH KUALITAS DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS SPRINBED) Hanan, Hanan; Laily Purnamasari, Dewi Laily Purnamasari; Nolen, Jeammy
Jurnal Witana Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : Jurnal Witana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas dan harga produk terhadap kepuasn pelanggan. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Toko Tuparev Furniture Cirebon, dengan jumlah sampel sebanyak 90 orng responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dengan skala pengukuran instrument menggunakan skala likret. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan, secara parsial dan simultan.
PENGARUH MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN DI MATAHARI CSB MALL CIREBON Farel Sopaheluwakan, Indy; Nurhana, Gytha; Kartika, Ika; Lukita, Chandra
Jurnal Witana Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : Jurnal Witana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keputusan pembelian konsumen terhadap sebuah produk dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah merek dan harga yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh merek terhadap keputusan pembelian pakaian moc di matahari csb mall Kota Cirebon; 2) Mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pakaian moc di matahari csb mall Kota Cirebon; 3) Mengetahui pengaruh merek dan harga terhadap keputusan pembelian pakaian moc di matahari csb mall Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 93 orang yang merupakan konsumen brand MOC. Data ini dianalisis dengan uji validitas, uji reabilitas, analisis linear berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel Merek (X1) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y); variabel Harga (X2) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y), dan variabel Merek (X1) dan Harga (X2) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian (Y).
PENGARUH PERKEMBANGAN DIGITAL MARKETING DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI WARDAH Rina, Agustina; Pranata, Sudadi Pranata; Lukita, Chandra
Jurnal Witana Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : Jurnal Witana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi sangat pesat, berbagai aktivitas mulai memanfaatkan teknologi dalam menjalankan usahanya. Perkembangan ini harus diterapkan dalam setiap perusahaan agar dapat mengikuti perkembangan zaman dan dapat bersaing dengan perusahaan yang lain salah satunya yaitu produk kecantikan Wardah. Seseorang memiliki minat untuk membeli suatu produk karena mengetahui kualitas yang diinformasikan melalui media sosial dan orang sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perkembangan digital marketing terhadap minat beli Wardah di marketplace shopee, mengetahui pengaruh word of mouth terhadap minat beli Wardah di marketplace shopee dan Untuk mengetahui pengaruh perkembangan digital marketing dan word of mouth terhadap minat beli Wardah di marketplace shopee. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Responden dalam penelitian berjumlah 100 yang berusia 16-25 tahun di kota Cirebon yang pernah membeli produk Wardah di Shopee. Teknik pengumpulan data menggunakan Software Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian perkembangan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli Wardah, word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli Wardah dan perkambangan digital marketing dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli Wardah.
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Yogya Grand Cirebon Ananda, Lilo; Amroni, Amroni; Fariza, Muthia
Jurnal Witana Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : Jurnal Witana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meneltii pengaruh kualitas pelayanan dan promosi dalam menigkatkan kepuasan pelanggan Yogya Grand Cirebon secara parsial dan simultan. Survei dilakukan kepada pelanggan Yogya Grand Kota dan Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan dengan pendekatan deskriptif kemudian alat untuk mengukur indikator yang menggunakan skala Likert Sangat setuju, setuju, ragu – ragu, tidak setuju dan sangat tidak setuju. Pengumpulan data dengan metode kuesioner yang disebarkan dalam bentuk google-form dan kertas terdiri dari 37 pernyataan yang diisi oleh 94 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji T, uji F dan koefisiensi determinasi. Hasil penelitian menungkapkan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan pelanggan nilai 2,069 > 1,661 dan nilai sig <0,05, variabel promosi berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan nilai 4,421 > 1,661 dan nilai sig <0,05. Untuk hasil penelitian secara simultan variabel kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan nilai 39,311 > 2,36 dan nilai sig <0,05. Nilai R Square sebesar 0,464 menunjukkan bahwa persentase pengaruh kualitas pelayanan dan promosi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan adalah sebesar 46,4% dan sisanya 53,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BUAH POTONG DI INDOMARET LEUWIMUNDING Nurita, Ita Nurita; Kartika, Ika; Nurhana, Gytha; Lukita, Chandra
Jurnal Witana Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : Jurnal Witana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan industri ritel saat ini yang sangat pesat, di tandai dengan banyaknya toko-toko ritel di seluruh wilayah Indonesia sehingga dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Berkembangnya usaha di industri ritel ini juga diikuti dengan persaingan yang semakin ketat antara sejumlah ritel-ritel baik lokal maupun ritel asing yang marak bermunculan di Indonesia, salah satu bisnis ritel yang semakin berkembang yaitu Indomaret.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen buah potong di Indomaret Leuwimunding, mengetahui harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen buah potong di Indomaret Leuwimunding, mengetahui kualitas produk dan harga berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen buah potong di Indomaret Leuwimunding. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Responden dalam penelitian berjumlah 56 yang pernah membeli produk Buah Potong di Indomaret. Teknik pengumpulan data menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Buah Potong di Indomaret Leuwimunding, menunjukkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Buah Potong di Indomaret Leuwimunding, menunjukan bahwa kualitas produk dan harga signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Buah Potong di Indomaret Leuwimunding.