Journal of Education and Pedagogy
Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Bagi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture

Mochamad Rizky Aldriawan (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Reza Syehma Bahtiar (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Sudjarwo Sudjarwo (SDN Gunungsari III/531 Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Studi ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis karangan peserta didik kelas VI melalui model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture. Mengingat rendahnya kemampuan menulis siswa yang dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang kurang variatif. Penggunaan media gambar diharapkan dapat mengembangkan minat dan motivasi siswa dalam menulis. Studi ini menggunakan metode Studi Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek Studi adalah 26 siswa kelas VI di SDN Gunungsari III Surabaya. Data dikumpulkan melalui observasi, lembar kerja siswa dan tes akhir yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil Studi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa, serta respon positif dari siswa dalam model pembelajaran. Pada siklus I rata-rata aktivitas siswa dalam kategori "agak aktif" dengan nilai 2,4 dan pada siklus II meningkat menjadi kategori "aktif" dengan nilai 3,6. Respon positif siswa juga meningkat dari 51,75% pada siklus I menjadi 80,75% pada siklus II. Model Picture and Picture terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan menulis siswa dalam menulis karangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Education and Pedagogy dengan E-ISSN 3064-0385 adalah jurnal ilmiah nasional yang didedikasikan untuk memajukan penelitian, teori, dan praktik di bidang pendidikan dan pedagogi. Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan platform bagi para akademisi, pendidik, peneliti, dan praktisi untuk ...