Journal of Education and Pedagogy
Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober

Peningkatan Kemampuan Berhitung melalui Pendekatan Teaching at the Right Level dengan Media Papan Hitung di SDN Putat Jaya IV Surabaya

Wanda Syafa'ah (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Herfa Maulina Dewi Soewardini (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Nurul Aini (SDN Putat Jaya IV/380 Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini terinspirasi dari ketertarikan peneliti untuk meningkatkan kemampuan berhitung menggunakan media papan hitung di SDN Putat Jaya IV/380 Surabaya. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa masih ada kebutuhan untuk meneliti mengenai keterampilan berhitung menggunakan pendekatan TaRL pada matematika pada tingkatan sekolah dasar supaya banyak guru yang menggunakan pendekatan TaRL. tujuan dari penelitian ini ialah guna menjelaskan peningkatan keterampilan berhitung mellaui metode pengajaran pada tingkat yang sesuai dengan menggunakan media papan hitung pada mata pelajaran matematika di SDN Putat Jaya IV/380 Surabaya. Pendekatan yang dipakai atas penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif. Temuan penelitian memperlihatkan bahwasannya peningkatan kemampuan berhitung menggunakan media papan hitung di SDN Putat Jaya IV/380 Surabaya telah dilaksanakan melalui tahapan pemetaan siswa, persiapan pembelajaran, penilaian, dan refleksi. Dukungan dari administrator sekolah, kesiapan guru, dan teknik manajemen kelas yag efektif adalah elemen yang berkontribusi terhadap keberhasilan implementasi. Namun, terdapat kendala yang dihadapi adalah membutuhkan waktu persiapan yang cukup lama selama pembelajaran.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Education and Pedagogy dengan E-ISSN 3064-0385 adalah jurnal ilmiah nasional yang didedikasikan untuk memajukan penelitian, teori, dan praktik di bidang pendidikan dan pedagogi. Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan platform bagi para akademisi, pendidik, peneliti, dan praktisi untuk ...