Journal of Education and Pedagogy
Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober

Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Modul Pembelajaran IPA berbasis Potensi Lokal

Ferdy Sugianto (Universitas PGRI Argopuro Jember)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Salah satu komponen penting untuk mendukung keberhasilan pembelajaran adalah bahan ajar.  Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada beberapa sekolah di Kabupaten Banyuwangi, didapatkan bahan ajar yang digunakan berasal dari pemerintah masih sulit untuk di pahami siswa. Hal ini dikarenakan bahan ajar yang digunakan berasal dari pemerintah hanya berisi materi dan soal latihan dengan tampilan yang kurang menarik, sehingga minat belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa terhadap kegiatan pembelajaran IPA menggunkan modul pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal. Dari penelitian didapatkan nilai minat belajar siswa pada indikator yang pertama yaitu 85 dengan kriteria sangat baik. Indikator kedua yaitu 83,5 dengan kriteria sangat baik. Indikator yang ketiga yaitu 76,5 dengan kriteria baik. Indikator  keempat yaitu 81 dengan kategori sangat baik. Dan nilai rerata minat belajar siswa  mendapatkan presentase 81,5 dengan kategori sangat baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA menggunkan modul pemebelajaran IPA berbasis kearifan lokal berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Education and Pedagogy dengan E-ISSN 3064-0385 adalah jurnal ilmiah nasional yang didedikasikan untuk memajukan penelitian, teori, dan praktik di bidang pendidikan dan pedagogi. Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan platform bagi para akademisi, pendidik, peneliti, dan praktisi untuk ...