Journal of Education and Pedagogy
Vol. 1 No. 2 (2024): Oktober

Penggunaan Model Discovery Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Perubahan Energi Murid Kelas 4-B SDN Pakis 5 Surabaya

Atik Rahayu (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna meningkatkan hasil pembelajaran IPAS pada peserta didik di kelas IV-B UPT SD Negeri Pakis V Surabaya, dengan fokus pada materi perubahan bentuk energi. Penelitian ini mengaplikasikan Discovery Learning sebagai strategi untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif, yang dilaksanakan dalam dua siklus, mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 37 siswa kelas IV-B, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes pada akhir pembelajaran setiap pertemuan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan model Discovery Learning. Sebelum intervensi, hanya 19% siswa yang mampu mengidentifikasi 5 dari 6 perubahan bentuk energi. Pada siklus I, persentase siswa yang tuntas mencapai 75%, dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan energi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Education and Pedagogy dengan E-ISSN 3064-0385 adalah jurnal ilmiah nasional yang didedikasikan untuk memajukan penelitian, teori, dan praktik di bidang pendidikan dan pedagogi. Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan platform bagi para akademisi, pendidik, peneliti, dan praktisi untuk ...