Jurnal MEKOM: Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan
Volume 6, Issue 1, Februari 2019

PEMANFAATAN QUIPPER SCHOOL DALAM KONSEP VIRTUAL CLASS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN DAN AKTIVITAS BELAJAR SIMULASI DIGITAL DI SMK NEGERI 1 GARUT

Irwanto (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Anceu Yulia (Program Pascasarjana STKIP Garut)
Nizar Alam Hamdani (Program Pascasarjana STKIP Garu)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Quipper School dalam konsep virtual class untuk melatih keterampilan dan aktivitas belajar simulasi digital kelas X di SMK Negeri 1 Garut. Keterampilan (skill) simulasi digital yang kurang dan aktivitas belajar peserta didik yang berkurang karena pemanfaatan akses internet yang belum tepat atau belum dimanfaatkan untuk pembelajaran membuat penulis tertarik untuk melakukan analisis mengenai pemanfaatan akses internet untuk dunia pendidikan khususnya pembelajaran guna melatih skill dalam simulasi digital dan menambah aktivitas belajar peserta didik.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, metode ini meneliti sekelompok manusia, suatu set kondisi ataupun suatu kelas peristiwa yang kemudian menganalisis untuk menginterpretasikan data yang diperoleh dengan pemecahan masalah serta suatu fenomena akhir yang relevan. Penelitian ini akan memberikan gambaran tentang masalah atau fenomena yang terjadi di lingkungan SMK Negeri 1 Garut, siswa kelas X jurusan Farmasi dan Akuntansi tahun ajaran 2014/2015, informan dalam penelitian ini sebanyak 40 orang peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan metode Miles dan Hubermen.Temuan yang didapat dalam penelitian ini adalah data-data empiris mengenai pemanfaatn Quipper School dalam konsep virtual class, skil) peserta didik dalam mata pelajaran simulasi digital, dan aktivitas belajar belajar peserta didik. Pemanfaatan Quipper School dalam konsep virtual class dapat membuat peserta didik menjadi terampil dalam mata pelajaran simulasi digital dan menambah aktivitas belajar peserta didik baik pada mata pelajaran simulasi digital maupun pada mata pelajaran lainnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MKPK

Publisher

Subject

Engineering

Description

1. Teaching and Learning in TVET 2. Evaluation, Assessment, and Certification in TVET 3. Human Resources Management in TVET 4. Vocational Resources in TVET 5. Policy and Contemporary Issues in ...