Jurnal MEKOM: Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan
Volume 6, Issue 1, Februari 2019

PENGGUNAAN CISCO PACKET TRACER DALAM METODE PEMBELAJARAN SAINTIFIK

Indah Mauliana (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui gambaran penerapaan pendekatan saintifik dan (2) meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan saintifik melalui penggunaan Cisco Packet Tracer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan saintifik yang dilaksanakan selama dua siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Data diperoleh dari pretest dan posttest serta observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Data tersebut kemudian dianalisis untuk membandingkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan saintifik. Penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran sistem komputer kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengacu pada nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I meningkat dari pretest 50,7 dan posttest 59,03 dengan selisih atau gain 0,15. P Peningkatan juga terjadi pada siklus II dengan rata-rata posttest pada siklus I 59,03 meningkat pada posttest siklus II menjadi 86,55 dengan selisih atau gain 0,6. Ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I hanya mencapai 14,81 %, namun pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dengan demikian hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Libureng.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MKPK

Publisher

Subject

Engineering

Description

1. Teaching and Learning in TVET 2. Evaluation, Assessment, and Certification in TVET 3. Human Resources Management in TVET 4. Vocational Resources in TVET 5. Policy and Contemporary Issues in ...