Jurnal MEKOM: Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan
Volume 6, Issue 2, Agustus 2019

MOTIVASI PEMANFAATAN E-LEARNING PADA GURU DI SEKOLAH KABUPATEN GOWA

Sutarsi Suhaeb (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam Program Kemitraan ini adalah: (1) Guru dan siswamenggunakan internet sebagai alat komunikasi umum yang mendukung proses pembelajaransecara optimal. (2) Menggunakan moodle pembelajaran sebagai forum interaktif untuk siswa (3)Guru memiliki pengetahuan tentang cara membangun kelas e-learning berbasis moodle. Outputyang diharapkan dari layanan masyarakat adalah: (1) 20 Guru memahami konsep dasar e-learning sehingga mereka dapat melangkah lebih jauh dalam penerapan teknologi komputerberbasis online. (2) 20 guru termotivasi untuk menggunakan e-learning sebagai media prosespembelajaran. (3) 20 Guru dapat menerapkan e-learning sehingga siswa dapat aktif dalammengelaborasi informasi yang diperoleh secara kreatif dan terampil tanpa dibatasi oleh waktu danruang. Hasil dalam implementasi layanan masyarakat terdiri dari: (1) Peserta dapat merancangkelas e-learning menggunakan moodle. (2) Peserta mampu mengelola kelas dalam prosespembelajaran menggunakan E-learning. (3) Peserta telah memiliki wawasan tentang E-learning.Kesimpulan dari kegiatan PKM ini adalah: (1) Peserta dapat merancang kelas e-learningmenggunakan moodle. (2) Peserta telah mampu mengelola kelas dalam proses pembelajaranmenggunakan E-learning. (3) hasil penelitian berdasarkan hasil analisis kuesioner motivasi yangtelah terdistribusi, berdasarkan hasil kuesioner motivasi peserta di SMP Negeri 1 Bontonompo 1,tingkat keberhasilan dengan kategori tinggi 10 atau 100%. Sedangkan Berdasarkan hasilkuesioner motivasi peserta di SMP Handayani, Tingkat keberhasilan dengan kategori tinggi 9 atau90%. Sedangkan Tingkat keberhasilannya dengan kategori sedang 1 atau 10%. Oleh karena itusaran dari kegiatan ini adalah bahwa kegiatan ini harus terus dikembangkan dan diterapkansecara luas di antara para guru karena dapat membantu meningkatkan motivasi, efektivitas danpembelajaran yang efisien.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MKPK

Publisher

Subject

Engineering

Description

1. Teaching and Learning in TVET 2. Evaluation, Assessment, and Certification in TVET 3. Human Resources Management in TVET 4. Vocational Resources in TVET 5. Policy and Contemporary Issues in ...