Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan multimedia interaktif berbasis adobe animate terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di SMKN 8 Majene dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di SMKN 8 Majene. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial dan regresi. Analisis statisitik uji independent sample t test yang dilakukan untuk melihat pengaruh penerapan multimedia interaktif berbasis adobe animate terhadap hasil belajar siswa dan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui besar tingkat pengaruh penerapan multimedia interaktif berbasis adobe animate terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan. Data penelitian diperoleh dengan memberikan pretest untuk mengetahui data awal kemampuan siswa, posttest untuk memperoleh data kemampuan siswa yang diteliti setelah diberikan perlakuan (treatment), dan angket yang berisi 25 pertanyaan, dengan jumlah sampel 40 siswa yang terbagi atas 2 kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dan kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukan besar pengaruh peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di SMKN 8 Majane dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebanyak 73,35 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebanyak 60,15 dan adanya pengaruh yang signifikan penerapan multimedia interaktif berbasis adobe animate terhadap hasil belajar siswa dengan total pengaruh sebesar 26,1 % sedangakan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024