Penelitian ini adalan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional, motivasi belajar mahasiswa dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer FT UNM dalam menjalani Belajar Dari Rumah (BDR) di masa pandemi. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa PTIK dan TEKOM angkatan 2020 dengan total 373 mahasiswa. Berdasarkan teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling dengan menggunakan rumus slovin diperoleh jumlah sampel yaitu 193 mahasiswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan kuesioner kecerdasan emosional dan motivasi belajar menggunakan google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan model regresi Y= 27.936 + 0.922X. Kecerdasan emosional mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer FT UNM cukup baik dalam menjalani belajar dari rumah di masa pandemi, hal tersebut berdasarkan nilai persentase tertinggi dari hasil analisis deskriptif. Motivasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer FT UNM cukup baik juga dalam menjalani belajar dari rumah di masa pandemi, hal tersebut berdasarkan nilai persentase tertinggi dari hasil analisis deskriptif. Berdasarkan hasil uji hipotesis telah diperoleh hasil yakni terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer dalam menjalani belajar dari rumah di masa pandemi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024