Keterampilan gerak merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik sebagai bekal menjalani kehidupan sehari- hari. Mata pelajaran Pendidikan Jasmani adalah salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di Sekolah Dasar dan memiliki ciri menekankan pada aspek psikomotor. Perbedaan tersebut meliputi tujuan, media yang ingin digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan pemberian metode bermain permainan tradisional engklek kepada SD Negeri 4 Loktabat Utara Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, metode penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan dengan populasi 40 siswa yang berada di kelas 1 SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan (action research). Kegiatan penelitian terlaksana dengan 1 siklus dan pemberian treatment langsung oleh peneliti Bersama guru. Adanya pemberian treatment permainan tradisional dengan bermain engklek menghasilkan peningkatan terhadap gerak dasar lokomotor anak usia 6-7 tahun pada pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga Kesehatan (PJOK).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024