GetContact, aplikasi manajemen dan proteksi panggilan spam dengan lebih dari 700 juta unduhan di Google Play Store, masih memiliki ruang untuk peningkatan kegunaan. Studi ini bertujuan untuk memanfaatkan kegunaan GetContact berdasarkan ulasan Quora, komentar Google Play Store, dan wawancara dengan pengguna di area Palembang. Metode yang digunakan adalah Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) dan Retrospective Think Aloud (RTA). Hasil PSSUQ dari 190 responden menunjukkan tingkat kegunaan keseluruhan yang baik dengan skor 2,73. Skala Kegunaan Sistem mencatat nilai 2,60, dan Kualitas Informasi mencapai 2,80, menunjukkan kegunaan yang memuaskan. Namun, kualitas antarmuka dengan skor 2,89 masih perlu ditingkatkan. Temuan dari metode RTA juga mengidentifikasi kendala dalam fitur dan antarmuka aplikasi. Studi ini menyimpulkan bahwa meskipun tingkat kegunaan GetContact secara keseluruhan baik dan diterima oleh pengguna, pengembangan lebih dari antarmuka dan fitur masih diperlukan untuk meningkatkan kegunaan secara keseluruhan dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.
Copyrights © 2025