Sinkron : Jurnal dan Penelitian Teknik Informatika
Vol. 9 No. 1 (2025): Research Article, January 2025

Usability Evaluation of GetContact Application Using Post-Study System Usability Questionnaire and Retrospective Think Aloud

Zahirah, Nabilah (Unknown)
Indah, Dwi Rosa (Unknown)
Firdaus, Mgs. Afriyan (Unknown)
Gumay, Naretha Kawadha Pasema (Unknown)
Ibrahim, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

GetContact, aplikasi manajemen dan proteksi panggilan spam dengan lebih dari 700 juta unduhan di Google Play Store, masih memiliki ruang untuk peningkatan kegunaan. Studi ini bertujuan untuk memanfaatkan kegunaan GetContact berdasarkan ulasan Quora, komentar Google Play Store, dan wawancara dengan pengguna di area Palembang. Metode yang digunakan adalah Post-Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) dan Retrospective Think Aloud (RTA). Hasil PSSUQ dari 190 responden menunjukkan tingkat kegunaan keseluruhan yang baik dengan skor 2,73. Skala Kegunaan Sistem mencatat nilai 2,60, dan Kualitas Informasi mencapai 2,80, menunjukkan kegunaan yang memuaskan. Namun, kualitas antarmuka dengan skor 2,89 masih perlu ditingkatkan. Temuan dari metode RTA juga mengidentifikasi kendala dalam fitur dan antarmuka aplikasi. Studi ini menyimpulkan bahwa meskipun tingkat kegunaan GetContact secara keseluruhan baik dan diterima oleh pengguna, pengembangan lebih dari antarmuka dan fitur masih diperlukan untuk meningkatkan kegunaan secara keseluruhan dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sinkron

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Scope of SinkrOns Scientific Discussion 1. Machine Learning 2. Cryptography 3. Steganography 4. Digital Image Processing 5. Networking 6. Security 7. Algorithm and Programming 8. Computer Vision 9. Troubleshooting 10. Internet and E-Commerce 11. Artificial Intelligence 12. Data Mining 13. Artificial ...