MAHESA : Malahayati Health Student Journal
Vol 4, No 12 (2024): Volume 4 Nomor 12 (2024)

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Kelas IV SD Al Wildan Islamic School 2 Bekasi

Khairunnisa, Ayu (Unknown)
Isnaeni, Isnaeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

ABSTRACT Clean and healthy living behavior (PHBS) is a set of behaviors carried out on the basis of learned awareness, which makes a person or family able to take care of themselves in health problems and actively participate in improving their health status as best as possible. The purpose of this study was to determine the relationship between knowledge, infrastructure and the role of the teacher with clean and healthy living behavior in grade IV students at SD Al Wildan Islamic School 2 Bekasi in 2024. This type of research is quantitative using a cross sectional design which was conducted in June 2024. The population in this study were all fourth grade students totaling 76 and sampling using total sampling technique with a sample of 76 respondents. Data collection using a questionnaire sheet. The results of the chi square test results of knowledge 0.0001 < α (0.05), facilities and infrastructure 0.0001 < α (0.05), the role of the teacher 0.0001 < α (0.05), it can be stated that there is a relationship between knowledge, facilities and infrastructure, and the role of the teacher with clean and healthy living behavior (PHBS) at SD Al Wildan Islamic School 2 Bekasi. The conclusion of this study is that knowledge, facilities and infrastructure, and the role of the teacher have a relationship with clean and healthy living behavior (PHBS) in grade IV students of SD Al Wildan Islamic School 2 Bekasi in 2024.  Keywords: Knowledge, Infrastructure, Teacher Role, Clean and Healthy Living Behavior (PHBS)  ABSTRAK Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku yang dilakukan atas dasar kesadaran yang dipelajari, yang menjadikan seseorang atau keluarga mampu untuk memelihara diri sendiri dalam masalah kesehatan dan secara aktif berperan serta dalam meningkatkan derajat kesehatannya sebaik mungkin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sarana prasarana dan peran guru dengan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa kelas IV di SD Al Wildan Islamic School 2 Bekasi tahun 2024. Jenis Penelitian merupakan kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional yang dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 76 dan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan sampel 76 responden. Pengambilan data menggunakan lembar kuesioner. Serta dilakukan Analisis data univariat dan bivariat menggunakan uji chi square program SPSS.Hasil Penelitian dari hasil uji chi square pengetahuan 0,0001 < α (0,05), sarana dan prasarana 0,0001 < α (0,05), Peran guru 0,0001 < α (0,05) maka dapat dinyatakan ada hubungan pengetahuan, sarana dan prasarana, serta peran guru dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di SD Al Wildan Islamic School 2 Bekasi. Kesimpulan penelitian ini bahwa pengetahuan, sarana dan prasarana serta peran guru terdapat hubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada siswa kelas IV SD Al Wildan Islamic School 2 Bekasi Tahun 2024. Kata Kunci: Pengetahuan, Sarana Prasarana, Peran Guru, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MAHESA

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Nursing Public Health

Description

MAHESA : Malahayati Health Student Journal, dengan nomor ISSN 2746-198X (Cetak) dan ISSN 2746-3486 (Online) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh DIII Keperawatan Universitas Malahayati Lampung. MAHESA : Malahayati Health Student Journal merupakan jurnal yang memiliki fokus utama pada hasil ...