Publikasi Pendidikan
Vol 14, No 1 (2024)

Pendampingan Persiapan Kegiatan Olimpiade SAINS Biologi pada Siswa SMP Negeri 19 Ambon

Juen Carla Warella (Universitas Pattimura)
Veren Wendy Warella (SMP Laboratorium Universitas Pattimura)
Novy Gaspersz (SMP Negeri 19 Ambon)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Sistem pendidikan pada era Revolusi 4.0 menekankan pada pembelajaran kolaboratif, inklusif, dan berbasis kompetensi, memfasilitasi ruang belajar yang terbuka, fleksibel dan adaptif, dan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, kreatif, berinovasi dan mampu berpikir kritis. Tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mempersiapkan siswa agar memiliki kreativitas dan kemampuan tinggi untuk mengikuti Olimpiade Sains MIPA Unpatti dengan memberikan pendampingan tambahan sehingga siswa dapat memahami materi biologi dengan lebih baik. Metode pelaksanaan dilakukan dengan menentukan mitra, melakukan koordinasi dengan kepala sekolah dan guru mata pelajaran, melakukan pendampingan dan evaluasi. Hasil yang didapatkan adalah kegiatan pendampingan Olimpiade Sains bagi siswa SMP Negeri 19 Ambon berupa penyampaian materi biologi yang dipelajari di tingkat SMP kelas VII, VIII dan IX. Selain itu hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal latihan setelah pemaparan materi sebesar 47%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan ini berjalan dengan baik dan siswa SMP Ngeri 19 Ambon mampu lolos ke tahap final Olimpiade Sains FMIPA Unpatti

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...