Abstrak Pentingnya bahasa dalam kehidupan manusia tidak dapat dielakkan, karena dengan bahasa manusia dapat berinteraksi satu sama lain dalam memenuhi kebutuhanya. Esensi bahasa dalam kehidupan manusia telah mendorong para pakar bahasa untuk terus mengembangkan model dan pendekatan supaya pemerolehanya sesuai dengan tujuan dari suatu bahasa. Pendekatan dan model pengajaran bahasa didesain dari pemikiran mazhab bahasa berlandaskan pada pendefinisian secara ontology akan bahasa. Pemikiran mazhab strukturalisme berlandaskan pada faham behaviorisme menegaskan bahwa bahasa berupa ujaran, bahasa berupa sistem tanda (signifie dan signifiant) yang arbitrer dan konvensional. Selain itu bahasa merupakan faktor kebiasaan. dalam mengonstruksi pengajaran bahasa faktor yang menjadi fokus mazhab strukturalis. Baik pada pendekatan maupun materi memandang bahwa kegramatikalan berdasarkan keumuman, level-level gramatikal ditegakkan secara rapi, analisis bahasa secara deskriptif, dengan demikian silabus dan rencana pembelajaran hendaknya dirancang secara nyata, konkret dan faktual. Pendekatan yang dilakuan bermuara pada pengetahuan, rancang bangun pengajaran dan pembelajaran didesain dari struktur tata bahasa dengan penyesuaian terhadap tingkat peserta didik mulai dari yang paling mudah. Kenyataan sebuah materi diukur dari surface structure- nya. Sementara makna dapat diperoleh dari penutur aslinya. Kata kunci: Mazhab bahasa, Linguistik Struktural, Pengajaran Bahasa
Copyrights © 2019