Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemimpinan yang diterapkan di lembaga TPQ-TQA Baitussalam Masjid Baitussalam serta mengeksplorasi pengaruhnya terhadap kualitas pendidikan agama yang disampaikan kepada anak-anak. Lembaga TPQ-TQA memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral anak-anak dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan semi-kualitatif dengan mewawancarai pemimpin dan pengajar TPQ-TQA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam lembaga TPQ-TQA, terdapat variasi gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh pengelola dan pengajar. Gaya kepemimpinan otokratis ditemukan dalam beberapa lembaga, di mana pengelola TPQ-TQA memberikan arahan yang tegas dan kuat kepada pengajar dan siswa. Selanjutnya, terdapat juga penggunaan gaya kepemimpinan demokratis, di mana pengelola TPQ-TQA melibatkan pengajar dan siswa dalam pengambilan keputusan dan memberikan ruang untuk partisipasi aktif. Selain itu, gaya kepemimpinan karismatik juga ditemukan lembaga TPQ-TQA. Pengelola dengan gaya kepemimpinan ini memiliki visi yang kuat, menginspirasi, dan mendorong pengajar dan siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka. Meskipun terdapat variasi gaya kepemimpinan yang diterapkan di lembaga TPQ-TQA, gaya kepemimpinan yang efektif didasarkan pada kombinasi dari ketiga gaya tersebut
Copyrights © 2023