Tujuan penelitian ini berangkat dari permasalahan yang terjadi di Klinik THT RSUD Tk II 03.05.01 Dustira Kota Cimahi. Tujuan penelitian ini berangkat dari permasalahan yang terjadi terkait Pemasaran dan Komitmen terhadap Kepuasan Konsumen, karena masih ada karyawan yang kurang memahami suatu pelayanan yang profesional.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif korelasional untuk mencari hubungan antara pemasaran dan komitmen dengan kepuasan konsumen di Klinik THT RSUD TK II 03.05.01 Dustira Kota Cimahi, metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik sampling jenuh terhadap 11 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang berisi pernyataan-pernyataan kepada responden dengan metode skala likert dengan menggunakan teori Sugiono (2014). Berdasarkan hasil perhitungan data tanggapan responden terhadap Disiplin Kerja, tanggapan pada kriteria baik (70%), tanggapan terhadap profesionalisme berada pada kriteria baik (68%), sedangkan kinerja karyawan juga berada pada kriteria baik (67%).Hasil perhitungan analisis korelasi, terdapat pengaruh yang besar dengan nilai 0,5 antara variabel X dengan variabel Y. Analisis determinasi menunjukkan diketahui nilai koefisien determinasi terdapat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,742, hal ini berarti kemampuan variabel independen dalam menerangkan variabel dependen sebesar 74, Sisanya 2% penjelasannya 26,8% merupakan variabel yang mempengaruhi tetapi tidak diuji, hasil pengujian koefisien korelasi menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima.
Copyrights © 2024