Jurnal Greenation Sosial dan Politik
Vol. 1 No. 3 (2023): (JGSP) Jurnal Greenation Sosial dan Politik (Agustus - Oktober 2023)

Peran Kualitas Pelayanan, Kinerja SDM dan Citra Perusahaan dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada Kedai Kopi Laka Laka

Afio Dhiarafah, Faiz (Unknown)
Mulyana, Agus (Unknown)
Suryaman, Suryaman (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2023

Abstract

Saat ini, di tengah adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN di pasar bebas ASEAN, muncul beberapa usaha baru yang berdiri. Salah satunya adalah membuka usaha kedai kopi. Tidak hanya kalangan dewasa, generasi muda pun sudah mulai terbiasa mengonsumsi minuman kopi yang tersedia di pasaran. Dengan semakin banyaknya kedai kopi yang berdiri, membuat para produsen kopi saling bersaing dan meningkatkan kualitas serta layanan yang diberikan, sehingga keberlangsungan usaha dapat bertahan lama dan berkembang. Kedai kopi Laka Laka merupakan usaha yang bergerak di bidang produksi minuman kopi. Berdiri sejak tahun 2017, kedai kopi Laka Laka telah menjual berbagai macam kopi dan berusaha memberikan layanan yang bermutu tinggi, yang juga didukung oleh berbagai peralatan dan perlengkapan yang mumpuni. Namun, pada proses bisnisnya, kedai kopi Laka Laka belum mampu mencapai target perkiraan kedatangan pelanggan setiap bulannya. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan penawaran yang diberikan oleh kedai kopi Laka Laka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, kinerja karyawan, citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan kedai kopi Laka Laka. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, buku dan publikasi terkait lainnya. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik sampling yaitu sampel jenuh sebanyak 100 responden. Metode penelitian asosiatif menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan maupun parsial kualitas pelayanan, kinerja karyawan, citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Pihak manajemen kedai kopi Laka laka hendaknya memperhatikan kualitas pelayanan, kinerja karyawan, dan citra perusahaan kedai kopi Laka laka agar dapat optimal dalam mencapai tujuan bisnisnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JGSP

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Greenation Sosial dan Politik (JGSP) adalah jurnal peer-review dan akses terbuka, yang didirikan pada tahun 2023. Diterbitkan empat kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) dikelola dan diterbitkan oleh Greenation Publisher & Yayasan Global Resarch National. Jurnal ini berusaha ...