Saat ini, di tengah adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN di pasar bebas ASEAN, muncul beberapa usaha baru yang berdiri. Salah satunya adalah membuka usaha kedai kopi. Tidak hanya kalangan dewasa, generasi muda pun sudah mulai terbiasa mengonsumsi minuman kopi yang tersedia di pasaran. Dengan semakin banyaknya kedai kopi yang berdiri, membuat para produsen kopi saling bersaing dan meningkatkan kualitas serta layanan yang diberikan, sehingga keberlangsungan usaha dapat bertahan lama dan berkembang. Kedai kopi Laka Laka merupakan usaha yang bergerak di bidang produksi minuman kopi. Berdiri sejak tahun 2017, kedai kopi Laka Laka telah menjual berbagai macam kopi dan berusaha memberikan layanan yang bermutu tinggi, yang juga didukung oleh berbagai peralatan dan perlengkapan yang mumpuni. Namun, pada proses bisnisnya, kedai kopi Laka Laka belum mampu mencapai target perkiraan kedatangan pelanggan setiap bulannya. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan penawaran yang diberikan oleh kedai kopi Laka Laka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, kinerja karyawan, citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan kedai kopi Laka Laka. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, buku dan publikasi terkait lainnya. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik sampling yaitu sampel jenuh sebanyak 100 responden. Metode penelitian asosiatif menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan maupun parsial kualitas pelayanan, kinerja karyawan, citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Pihak manajemen kedai kopi Laka laka hendaknya memperhatikan kualitas pelayanan, kinerja karyawan, dan citra perusahaan kedai kopi Laka laka agar dapat optimal dalam mencapai tujuan bisnisnya.
Copyrights © 2023