ABSTRAK Penelitian yang dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023 ini, bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis miskonsepsi yang dialami peserta didik kelas X IPA SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar pada materi reaksi reduksi oksidasi. Penelitian deskriptif ini, menggunakan desain sequental explanatory (model 2 fasa) yang terdiri dari pengumpulan data kuantitatif yang dilanjutkan dengan penjelasan data secara kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 2 dan X IPA 3 SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik three-tier multiple choice, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan persentase miskonsepsi peserta didik pada semua konsep materi redoks diatas 20%, hal ini mengindikasikan bahwa peserta didik mengalami miskonsepsi pada semua konsep materi redoks. Dimana persententase pada konsep perkembangan reaksi redoks sebesar 471, %, bilangan oksidasi 24,5%, autoredoks dan konproporsionasi sebesar 37,7%, reduktor dan oksidator sebesar 39,2%, dan tata nama senyawa sebesar 54,9%. Persentase tertinggi miskonsepsi peserta didik pada materi redoks terdapat pada konsep tata nama senyawa dengan kategori M1 atau spesifik miskonsepsi. ABSTRACT The research, which was conducted in the even semester of the 2022/2023 academic year, aims to determine the types of misconceptions experienced by students of grade X IPA SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar on oxidation-reduction reaction materials. This descriptive research uses a sequential explanatory design (2-phase model) consisting of quantitative data collection followed by qualitative explanation of the data. The subjects of the study were students of grade X Science 2 and X Science 3 SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar. The data collection technique used three-tier multiple choice diagnostic tests, questionnaires, and interviews. The results showed that the percentage of student misconceptions on all redox material concepts was above 20%, this indicates that students experience misconceptions on all redox material concepts. Where the percentage of tentase in the concept of redox reaction development is 47,1%, oxidation number is 24.5%, autoredox and proportionation is 37.7%, reducing and oxidizing agents is 39.2%, and compound nomenclature is 54.9%. The highest percentage of student misconceptions on redox material is found in the concept of compound nomenclature with category M1 or specific misconception.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024