Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 5, No 3 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Book Creator dalam Model Discovery Learning pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI MIPA SMA Kartika XX-1 Makassar

Salsabila, Rezky Kaswa (Unknown)
Anwar, Muhammad (Unknown)
Hardin, Hardin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan komik digital dalam model discovery learning dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dan menghasilkan produk berupa komik digital pada materi pokok kesetimbangan kimia yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap pengembangan yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) kevalidan dari ahli media dan materi, masing-masing sebesar 3,42 dan 3,6 yang termasuk dalam kategori sangat valid, (2) kepraktisan dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik berturut-turut sebesar 98,66%, 91%, dan 93% yang termasuk dalam kategori sangat praktis, (3) keefektifan dari angket minat belajar mencapai 89% dan ketuntasan kelas sebesar 88% sehingga termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa komik digital berbasis Book Creator yang dikembangkan dengan model ADDIE dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran. ABSTRACT This research is a research and development that aims to describe the stages of digital comic in the discovery learning model using the ADDIE development and produce a digital comic on the subject matters of chemical equilibrium that are valid, practical, and effective. This development refers to the ADDIE model which includes analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of this research are: (1) the validity of the media and material expert, respectively 3,42 and 3,6 which is included in the very valid category, (2) the practically of the learning implementation observation sheet, the teacher and student response questionnaires successively equal to 98,66%, 91%, and 93% which are included in the very practical category, (3) the effectiveness of the learning interest questionnaires which reached 89% and learning outcomes test that achieves class completeness is 88% that it is included in the effective category. Based on these data, it was concluded that the digital comic based on Book Creator developed with the ADDIE model was stated to be valid, practical, and effective for use in learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...