Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran PAI yang berbasis nilai-nilai profil pelajar Pancasila di SMPN 42 Pekanbaru. Berdasarkan pentingnya integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan, modul ini dirancang untuk mendukung pembentukan karakter siswa yang beriman, mandiri, gotong royong, kritis, kreatif, dan menghargai keberagaman. Proses pengembangan modul mengikuti model 4-D, yang memiliki empat tahap: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun peneliti hanya fokus pada tahap pengembangan (develop). Lembar validitas instrumen dan modul digunakan dalam penelitian ini. Analisis deskriptif digunakan dalam analisis data. Sebuah modul berbasis nilai-nilai profil pelajar pancasila tercipta dari hasil kajian yang dilakukan. Skor rata-rata diperoleh sebesar 88% dari hasil validasi validator yang tergolong sangat valid. Diharapkan, modul ini tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMPN 42 Pekanbaru, tetapi juga menjadi referensi bagi pengembangan kurikulum di sekolah lain. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam upaya menciptakan siswa yang memiliki karakter kuat dan berlandaskan nilai-nilai Pancasila.
Copyrights © 2024