JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education)
Vol 8 No 2 (2024): JTIEE

MENJAGA TRADISI LEWAT TARI: EKSPLORASI SENI LENGGER BANYUMASAN SEBAGAI EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DASAR

Setiyadi, Desi (Unknown)
Hartono, Hartono (Unknown)
Rokhman, Fathur (Unknown)
Wagiran, Wagiran (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Fenomena terkikisnya nilai-nilai budaya lokal dalam pendidikan dasar, seni tari Lengger Banyumasan, sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia, diharapkan dapat berperan penting dalam pelestarian budaya serta pengembangan karakter siswa. Penelitian ini mengkaji peran seni tari Lengger Banyumasan sebagai ekstrakurikuler di sekolah dasar dalam pelestarian budaya dan pengembangan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan instrumen wawancara semi-terstruktur dan observasi partisipatif, melibatkan siswa, guru seni, dan orang tua. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan berdasarkan pola yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam tari Lengger Banyumasan secara signifikan memperkuat identitas budaya dan keterampilan sosial, seperti kerjasama dan komunikasi. Meskipun ada tantangan terkait dukungan dan fasilitas, seni tari ini terbukti efektif sebagai media pelestarian budaya lokal. Dukungan dari komunitas dan pihak sekolah sangat penting untuk memastikan keberlanjutan dan pengembangan program ekstrakurikuler, sehingga dapat menciptakan generasi yang menghargai dan melestarikan warisan budaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtiee

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

This journal facilitates teachers and researchers to publish their articles based on research, review, and practice. Topics for the articles published by this journal are teaching media, strategies, models, plans, evaluations and technologies especially in elementary ...