TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial
Vol 3, No 01 (2024): Vol 03. No. 01 2024 (Maret)

CAPAIAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA MTS DARUL HIKMAH PEKANBARU

Erni, Sukma (Unknown)
Darnelia, Lidiawita (Unknown)
Romadhona, M. Rifqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkomunikasikan hasil perbaikan pembelajaran IPS pada Tingkat sekolah menengah. Perbaikan pembelajaran IPS didasarkan pada fluktuasi hasil belajar siswa yang terkadang jatuh dibawah standar nilai yang ditetapkan sekolah. Proses perbaikan pembelajaran menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan Problem based learning (PBL). Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan 2 siklus mengikuti tahapan metode PTK. Temuan pada siklus 1 memperlihatkan hasil yang kurang baik, namun ketika dilaksanakan siklus 2 dengan sejumlah perbaikan proses hasil yang diperoleh sangat baik yakni 90,4 % siswa melampaui standar nilai yang ditetapkan.  Simpulan nya menggunakan PBL dalam pembelajaran dapat mendongkrak hasil belajar menjadi lebih baik. Dengan demikian PBL sebaiknya dijadikan variasi rutin pembelajaran di kelas.  Kata Kunci:  Permasalahan Pembelajaran, Perbaikan pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TsN

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

The Tsaqifa Nusantara is an open-accessed journal served as a medium of publishing scientific articles by Department of Tadris IPS, Faculty of Education and Teacher Training UIN Sultan Syarif Kasim Riau. The articles, which are published by this journal are the outcomes of researches and the ...