Artikel ini bertujuan untuk mengkomunikasikan hasil perbaikan pembelajaran IPS pada Tingkat sekolah menengah. Perbaikan pembelajaran IPS didasarkan pada fluktuasi hasil belajar siswa yang terkadang jatuh dibawah standar nilai yang ditetapkan sekolah. Proses perbaikan pembelajaran menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan Problem based learning (PBL). Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan 2 siklus mengikuti tahapan metode PTK. Temuan pada siklus 1 memperlihatkan hasil yang kurang baik, namun ketika dilaksanakan siklus 2 dengan sejumlah perbaikan proses hasil yang diperoleh sangat baik yakni 90,4 % siswa melampaui standar nilai yang ditetapkan. Simpulan nya menggunakan PBL dalam pembelajaran dapat mendongkrak hasil belajar menjadi lebih baik. Dengan demikian PBL sebaiknya dijadikan variasi rutin pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Permasalahan Pembelajaran, Perbaikan pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar
Copyrights © 2024