Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman (JURIDIKSIAM)
Vol. 11 No. 1 (2024): Juridiksiam: Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKn Di SMP NEGERI 6 MATARAM

UUM ZUMIARTININGRUM (Unknown)
Mohammad Ismail (Unknown)
Rispawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pembelajaran penemuan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Populasi pada penelitian ini yaitu semua kelas VII di SMP Negeri 6 Mataram. Sampel penelitian yaitu kelas VII A dan VII B setelah dilakukan penyepadanan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan nonequivalen control group desigen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes bentuk pilihan ganda yang telah memenuhi persyaratan uji instrumen penelitian. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis menggunakan T-test menunjukan bahwa thitung hasil belajar siswa 6,958 < dari ttabel sebesar 51,460 pada taraf signifikan 0.05 adalah 2,003. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran penemuan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn.  Kata kunci: Pembelajaran Penemuan; Discovery learning; Hasil Belajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juridiksiam

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Telaah teori mutakhir dan hasil penelitian dan pengembangan tentang Kurikulum, Bahan Ajar, Metode/Model, Media, dan Evaluasi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora serta hasil telaah teori mutahir dan hasil penelitian substansi ilmu-ilmu sosial dan ...