Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru sosiologi tersertifikasi dalam proses pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19 di SMAN 6 Mataram; (2) persamaan dan perbedaan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru sosiologi tersertifikasi dalam proses pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19 di SMAN 6 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data seperti wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan: (1) guru sosiologi tersertifikasi SMAN 6 Mataram memiliki kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional  yang baik dalam proses pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19; (2) terdapat persamaan dan perbedaan yang ditemukan pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru sosiologi tersertfikasi dalam proses pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19 di SMAN 6 Mataram. Kata kunci: kompetensi guru; proses pembelajaran; daring dan luring.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024