Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman (JURIDIKSIAM)
Vol. 11 No. 1 (2024): Juridiksiam: Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman

Kompetensi Guru Sosiologi Tersertifikasi Dalam Proses Pembelajaran Daring dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 6 Mataram

Bariah, Baiq Siti Lauhil (Unknown)
Hairil Wadi (Unknown)
Suud (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru sosiologi tersertifikasi dalam proses pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19 di SMAN 6 Mataram; (2) persamaan dan perbedaan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru sosiologi tersertifikasi dalam proses pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19 di SMAN 6 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data seperti wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan: (1) guru sosiologi tersertifikasi SMAN 6 Mataram memiliki kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional  yang baik dalam proses pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19; (2) terdapat persamaan dan perbedaan yang ditemukan pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru sosiologi tersertfikasi dalam proses pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19 di SMAN 6 Mataram. Kata kunci: kompetensi guru; proses pembelajaran; daring dan luring.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juridiksiam

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Telaah teori mutakhir dan hasil penelitian dan pengembangan tentang Kurikulum, Bahan Ajar, Metode/Model, Media, dan Evaluasi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora serta hasil telaah teori mutahir dan hasil penelitian substansi ilmu-ilmu sosial dan ...