Cendikia Pendidikan
Vol. 7 No. 4 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

STRATEGI KANTIN KEJUJURAN DI SEKOLAH DALAM UPAYA MENANAMKAN NILAI ANTI KORIPSI DI SEKOLAH

Ayu Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2024

Abstract

Korupsi tidak hanya terjadi di tingkat pemerintahan, tetapi juga dapat terjadi di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk dalam lingkungan pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi sejak dini, salah satunya melalui sekolah. Salah satu strategi efektif yang dapat diterapkan di sekolah adalah melalui kantin kejujuran. kantin kejujuran adalah sebagai respons terhadap tantangan dalam membangun karakter siswa yang jujur dan bertanggung jawab di tengah era modern yang semakin kompleks. Banyak sekolah merasa bahwa selain aspek akademis, pembentukan moral yang baik juga sangat penting dalam membentuk pribadi yang berintegritas. Kantin kejujuran menjadi salah satu metode yang dipandang efektif untuk menerapkan konsep ini secara praktis dalam kehidupan sehari-hari siswa. Penerapan kantin kejujuran di sekolah memiliki tujuan yang jelas, yaitu untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi seperti kejujuran, integritas, dan tanggung jawab kepada siswa. Penanaman nilai-nilai antikorupsi pada lembaga pendidikan SMA sebagai upaya preventif pencegahan korupsi dan memberantas korupsi dengan gerakan antikorupsi.Adapun cara untuk mencegah tindakan korupsi dengan membentuk karakter antikorupsi yang ditanamkan melalui budaya antikorupsi, peningkatan kesadaran hukum, dan penanaman integritas para siswa di berbagai sekolah SMA. Melalui kantin kejujuran, siswa dapat memahami secara langsung bahwa tindakan curang, seperti mengambil barang tanpa membayar atau membayar kurang dari seharusnya, adalah bentuk perilaku tidak jujur yang merugikan orang lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...