Cendikia Pendidikan
Vol. 7 No. 10 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PEMAHAMAN KONSEP PENDEKATAN CBSA (Cara Belajar- Siswa Aktif) PADA PEMBELAJARAN IPS SD

Rahmawati, Anisa (Unknown)
Naurah, Aqilah (Unknown)
Widya Khairunisa, Widya Khairunisa (Unknown)
Marini, Arita (Unknown)
Yunus, Mahmud (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan pengetahuan siswa, serta memperkenalkan siswa pada berbagai aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Pada usia 7 hingga 12 tahun, siswa berada pada tahap perkembangan kognitif, yang memerlukan pendekatan pembelajaran yang sesuai, seperti pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA). Artikel ini membahas pentingnya pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) Pendekatan CBSA mendorong partisipasi aktif dan keterlibatan emosional siswa. Pada pendekatan CBSA terbukti dapat meningkatkan partisipasi aktif, kemampuan berpikir logis dan kritis, serta relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari. Namun, tantangan yang dihadapi dalam penerapan pendekatan CBSA meliputi kesiapan mental guru, kesulitan dalam menghadapi karakteristik individu siswa, dan pemilihan materi yang tepat. Melalui penerapan pendekatan inovatif seperti CBSA, diharapkan kualitas pendidikan IPS di SD dapat meningkat, membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan sosial yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab. The education of Social Sciences in Elementary Schools plays a crucial role in shaping students' character and knowledge, as well as introducing them to various social, cultural, economic, and political aspects relevant to everyday life. At the age of 7 to 12 years, students are at a cognitive development stage that requires an appropriate learning approach, such as the Active Student Learning Approach. This article discusses the importance of the Active Student Learning Approach in the teaching of Social Sciences in Elementary Schools. The CBSA approach encourages active participation and emotional involvement of students. It has been proven that the CBSA approach can enhance active participation, logical and critical thinking skills, as well as the relevance of the material to everyday life. However, the challenges faced in implementing the CBSA approach include the mental readiness of teachers, difficulties in addressing individual student characteristics, and the selection of appropriate materials. Through the application of innovative approaches like CBSA, it is hoped that the quality of IPS education in SD can improve, equipping students with the knowledge and social skills necessary to become responsible citizens

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...