Penelitian ini bertujuan untuk meninjau tentang efektivitas dari metode pembelajaran bermain peran (Role Playing) pada pembelajaran IPS sebagai sarana untuk megembangkan empati sosial siswa di Sekolah Dasar (SD). Pada penelitian ini menggunakan studi literatur dengan mengkaji berbagai artikel, jurnal, dan literatur yang membahas penerapan metode role playing. Hasil dari pengamatan tersebut menunjukkan bahwa role playing dapat memberikan pengalaman belajar yang mendalam dan interaktif, memungkinkan siswa untuk memahami berbagai peran dan perspektif sosial secara langsung. Melalui simulasi situasi sosial, siswa dapat mengembangkan rasa empati dengan memahami perasaan, pikiran, dan tantangan yang dihadapi oleh individu atau kelompok lain. Temuan ini mendukung penerapan role playing sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan empati sosial siswa SD, serta memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter sosial siswa. Implikasi praktis dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode role playing dapat diintegrasikan dalam kurikulum IPS sebagai strategi yang inovatif untuk mendukung tujuan pendidikan sosial dan karakter siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024