Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak pendampingan seni tari tradisional sebagai upaya pelestarian budaya dan peningkatan kreativitas siswa di MI Darul Ulum Kota Palangka Raya. Metode yang digunakan adalah metode drill yang melibatkan pengulangan secara terus-menerus dengan serius untuk memperkuat asosiasi atau menyempurnakan keterampilan, sehingga menjadi lebih permanen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan kreativitas siswa, terbukti dari peningkatan kemampuan improvisasi dan kepercayaan diri mereka dalam menampilkan tari tradisional. Selain itu, siswa juga menunjukkan pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai budaya yang terkandung dalam seni tari, serta meningkatnya keterampilan sosial melalui kerja sama dalam kelompok. Dukungan dari guru, orang tua, dan komunitas sekolah menjadi faktor kunci dalam keberhasilan program ini. Temuan ini merekomendasikan integrasi seni tari tradisional dalam kurikulum pendidikan untuk memperkuat pelestarian budaya dan pengembangan kreativitas siswa secara berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024