Cendikia Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENDAMPINGAN SENI TARI TRADISIONAL SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MI DARUL ULUM KOTA PALANGKA RAYA

Ira Rahmawati (Unknown)
Istiyati Mahmudah (Unknown)
Kornalisa, Kornalisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak pendampingan seni tari tradisional sebagai upaya pelestarian budaya dan peningkatan kreativitas siswa di MI Darul Ulum Kota Palangka Raya. Metode yang digunakan adalah metode drill yang melibatkan pengulangan secara terus-menerus dengan serius untuk memperkuat asosiasi atau menyempurnakan keterampilan, sehingga menjadi lebih permanen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan kreativitas siswa, terbukti dari peningkatan kemampuan improvisasi dan kepercayaan diri mereka dalam menampilkan tari tradisional. Selain itu, siswa juga menunjukkan pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai budaya yang terkandung dalam seni tari, serta meningkatnya keterampilan sosial melalui kerja sama dalam kelompok. Dukungan dari guru, orang tua, dan komunitas sekolah menjadi faktor kunci dalam keberhasilan program ini. Temuan ini merekomendasikan integrasi seni tari tradisional dalam kurikulum pendidikan untuk memperkuat pelestarian budaya dan pengembangan kreativitas siswa secara berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...