Cendikia Pendidikan
Vol. 8 No. 2 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-BOOK DENGAN EVALUASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE MAKER DI KELAS 9 MATERI PERAN PESANTREN DALAM DAKWAH ISLAM DI INDONESIA MTS HIDAYATUL INSAN PALANGKA RAYA

Abdul Aziz (Unknown)
Dedy Suhada (Unknown)
Lasmi, Lasmi (Unknown)
Mardiana, Mardiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis e-book yang disertai dengan evaluasi interaktif menggunakan media Puzzle Maker, khususnya untuk pembelajaran materi Peran Pesantren dalam Dakwah Islam di Indonesia pada kelas 9 di MTs Hidayatul Insan Palangka Raya. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan bahan ajar digital yang menarik dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, serta menyediakan evaluasi yang interaktif dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), yang melibatkan beberapa tahap, termasuk analisis kebutuhan, perancangan bahan ajar, pengembangan media e-book, dan implementasi Puzzle Maker sebagai alat evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar e-book ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi serta antusiasme mereka dalam pembelajaran. Penggunaan Puzzle Maker sebagai media evaluasi memberikan pengalaman belajar yang menarik dan memudahkan siswa dalam menguji pemahaman mereka secara mandiri. Dengan demikian, bahan ajar berbasis e-book ini efektif dalam mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dakwah Islam di pesantren.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...