Pendidikan, baik dalam konteks umum maupun Islam, memiliki esensi yang mendalam dalam membentuk karakter dan nilai individu serta masyarakat. Esensialisme dalam pendidikan adalah pendekatan yang menekankan pentingnya nilai-nilai fundamental yang bersifat universal, tidak terpengaruh oleh perubahan zaman, yang bertujuan untuk membentuk manusia yang utuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep esensialisme dalam pendidikan, khususnya dalam pendidikan Islam, dan bagaimana prinsip-prinsip ini diterapkan di era modern. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi pustaka sebagai dasar analisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam memiliki elemen esensial yang berfokus pada penanaman nilai-nilai ketuhanan, etika, dan pengembangan karakter yang selaras dengan ajaran agama. Esensialisme dalam pendidikan Islam bertujuan untuk menciptakan manusia yang beriman, berakhlak, dan berilmu. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa esensialisme dalam pendidikan, khususnya pendidikan Islam, memiliki relevansi yang signifikan dalam menghadapi tantangan globalisasi dengan mempertahankan nilai-nilai dasar yang tidak berubah sebagai fondasi pendidikan yang ideal.
Copyrights © 2024