Cendikia Pendidikan
Vol. 8 No. 3 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA TAHUN 2023 MENGGUNAKAN ANALISIS FAKTOR

Sa’diyyah Divamia Amanda (Unknown)
Aisyatul Kamilah Ramadina (Unknown)
Sri Pingit Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2024

Abstract

Pendidikan memiliki peran strategis dalam membentuk generasi yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan di berbagai aspek kehidupan. Berbagai faktor seperti angka melek dan buta aksara, rata-rata lama sekolah, indeks pembangunan literasi masyarakat, angka harapan lama sekolah, angka partisipasi murni, tingkat penyelesaian pendidikan, dan angka partisipasi sekolah dapat memengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor kualitas pendidikan di Indonesia tahun 2023, dengan menggunakan Analisis Faktor. Analisis Faktor dapat menyederhanakan data yang kompleks, dengan cara mengidentifikasi dan mengelompokkan beberapa variabel menjadi faktor-faktor utama yang memiliki pengaruh signifikan. Data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan diuji menggunakan serangkaian asumsi, seperti uji normalitas multivariat, uji Bartlett, KMO, dan korelasi anti-image, yang menunjukkan bahwa data memenuhi syarat untuk dilakukan analisis. Hasil analisis mengidentifikasi adanya keragaman tinggi pada beberapa variabel serta memiliki standar deviasi besar. Hasil analisis menghasilkan dua faktor utama yaitu faktor 1 dinamai Capaian Pendidikan Dasar dan Menengah, yang melibatkan variabel-variabel terkait partisipasi dan penyelesaian pendidikan formal, serta faktor 2 bernama Kemampuan Literasi, yang mencakup variabel mengenai literasi masyarakat dimana kedua faktor yang terbentuk dapat menjelaskan 82% dari variabel asal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...