Cendikia Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 SDN NGLANDUK 01

Pratiwi, Dewi (Unknown)
Maruti, Endang Sri (Unknown)
Yani, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2024

Abstract

This research aims to improve the learning outcomes of grade 2 students at SDN Nglanduk 01 through the application of project-based learning. This research uses the Classroom Action Research (PTK) method which is carried out in three cycles, each consisting of planning, implementation, observation and reflection stages. The subjects of this research were 30 grade 2 students, with a focus on improving learning outcomes in core subjects such as Mathematics, Indonesian and Natural Sciences. Data was collected through observation, then analyzed descriptively qualitatively. The research results show that implementing project-based learning can increase active participation and student learning outcomes. Average test scores increased from 70 in Cycle 1 to 82 in Cycle 3. Students also demonstrated improved collaboration, communication, and problem-solving skills, as well as increased motivation and interest in learning. This research shows that project-based learning is an effective method and can be adopted as an innovative teaching strategy at the elementary school level to improve the quality of education. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pelajar kelas 2 SDN Nglanduk 01 melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 30 pelajar kelas 2, dengan fokus pada peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran inti seperti Matematika, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Data dikumpulkan melalui observasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar pelajar. Rata-rata nilai ujian meningkat dari 70 pada Siklus 1 menjadi 82 pada Siklus 3. Pelajar juga menunjukkan peningkatan keterampilan kolaborasi, komunikasi, dan pemecahan masalah, serta peningkatan motivasi dan minat belajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek merupakan metode yang efektif dan dapat diadopsi sebagai strategi pengajaran inovatif di tingkat sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...