Cendikia Pendidikan
Vol. 8 No. 5 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PERAN MADRASAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK BERBASIS NILAI NILAI KEAGAMAAN

Nisa, Khoirun (Unknown)
Hikmah, Marisa Amalia (Unknown)
Fadhilah, Hanna Nor (Unknown)
Bakar, Yunus Abu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran madrasah dalam membentuk karakter peserta didik melalui integrasi nilai-nilai agama Islam. Madrasah memiliki fungsi penting dalam membentuk karakter siswa, tidak hanya berfokus pada aspek akademik tetapi juga pada nilai moral dan spiritual, seperti kejujuran, disiplin, dan empati. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini memanfaatkan wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk memperoleh data tentang strategi madrasah dalam pembentukan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai teladan, integrasi nilai-nilai agama dalam kurikulum, dan kegiatan keagamaan menjadi kunci dalam proses ini. Namun, faktor penghambat, seperti perbedaan nilai antara lingkungan keluarga dan sekolah serta keterbatasan ekonomi, juga berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan karakter di madrasah. Oleh karena itu, sinergi antara pendidikan di madrasah dan dukungan dari keluarga menjadi penting untuk membentuk generasi yang berakhlak mulia dan berkontribusi positif dalam masyarakat.Kata kunci: Madrasah, Karakter, Pendidikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...