Penelitian ini mengkaji peran madrasah dalam membentuk karakter peserta didik melalui integrasi nilai-nilai agama Islam. Madrasah memiliki fungsi penting dalam membentuk karakter siswa, tidak hanya berfokus pada aspek akademik tetapi juga pada nilai moral dan spiritual, seperti kejujuran, disiplin, dan empati. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini memanfaatkan wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk memperoleh data tentang strategi madrasah dalam pembentukan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai teladan, integrasi nilai-nilai agama dalam kurikulum, dan kegiatan keagamaan menjadi kunci dalam proses ini. Namun, faktor penghambat, seperti perbedaan nilai antara lingkungan keluarga dan sekolah serta keterbatasan ekonomi, juga berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan karakter di madrasah. Oleh karena itu, sinergi antara pendidikan di madrasah dan dukungan dari keluarga menjadi penting untuk membentuk generasi yang berakhlak mulia dan berkontribusi positif dalam masyarakat.Kata kunci: Madrasah, Karakter, Pendidikan
Copyrights © 2024