Cendikia Pendidikan
Vol. 10 No. 7 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA BERBASIS HYPERLINK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN PINGGIRPAPAS II PADA MATA PELAJARAN IPAS

Ari Firmansyah (Unknown)
Erika Putri Nuriyandini (Unknown)
Fairuz Mariana Fadhilah (Unknown)
Windi Angriani Aprilia Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk dihasilkan media pembelajaran berbasis Canva yang valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain One-Group Pretest and Posttest, yang melibatkan populasi sebanyak 34 siswa di kelas IV SDN Pinggirpapas II. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, di mana diperoleh nilai sig. 2-tailed sebesar 0.00 < 0.02, sehingga hipotesis ditolak dan disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis hyperlink Canva cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Project Based Learning, Hasil Belajar, Struktur Bumi Abstract This research was conducted with the aim of producing Canva-based learning media that is valid, practical, and effective for student learning outcomes in science subjects. This study is categorized as an experimental quantitative research with a One-Group Pretest and Posttest design, involving a population of 34 students in grade IV of SDN Pinggirpapas II. The data was analyzed using a normality test, where a sig value was obtained. 2-tailed by 0.00 < 0.02, so the hypothesis was rejected and it was concluded that the application of Canva hyperlink-based learning media was quite effective in improving student learning outcomes. Keywords: Learning Media, IPAS

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...