Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Studi fenomenologi pada siswa SDN Giyanti menunjukan bahwa perilaku konsumtif anak merupakan hasil interaksi antara faktor internal dan faktor eksternal. Pengaruh teman sebaya, media dan gaya pengasuhan orang tua merupakan faktor eksternal yang dominan. Sementara itu, faktor internal seperti motivasi untuk mendapatkan pengakuan dan persepsi terhadap nilai materi juga berperan penting. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memahami perilaku konsumtif anak dan merumuskan strategi intervensi yang tepat. Perilaku konsumtif adalah suatu perilaku yang tidak lagi didasarkan pada pertimbangan yang rasional, melainkan karena adanya keinginan yang sudah mencapai taraf yang tidak rasional lagi. Artinya belum habis suatu produk yang dipakai, seseorang telah menggunakan produk jenis yang sama dari merek lain atau membeli barang karena adanya hadiah yang ditawarkan atau membeli produk dikarenakan banyak orang yang menggunakan produk tersebut.
Copyrights © 2025