Cendikia Pendidikan
Vol. 11 No. 10 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDI COKROAMINOTO BALIKPAPAN

Rambe, Rafni Juwita (Unknown)
Yusuf, Iskandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Mathematics is a subject that trains students to think critically, creatively and actively. Even though mathematics plays an important role, many students still find it a difficult subject. This research investigates the application of the Problem Based Learning (problem solving) method in mathematics education at SDI Cokroaminoto Balikpapan in an effort to improve students' mathematical problem solving abilities. This research method adopts a qualitative approach, with data collection techniques in the form of semi-structured interviews and literature study analysis. This Problem Based Learning model hopes that students can develop their critical thinking skills through activities in learning activities, by solving problems Matematika merupakan mata pelajaran yang melatih siswa berpikir kritis, kreatif, dan aktif. Meskipun matematika memiliki peran penting, banyak siswa masih menganggapnya sebagai mata pelajaran yang sulit. Penelitian ini menyelidiki penerapan metode Problem Based Learning (pemecahan masalah) dalam pendidikan matematika di SDI Cokroaminoto Balikpapan dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi-terstruktur dan analisis studi pustaka. Model Problem Based Learning ini diharapkan peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya melalui aktivitas dalam kegiatan pembelajaran, dengan memecahkan masalah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...