Cendikia Pendidikan
Vol. 11 No. 10 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

IMPLEMENTASI ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDATUL ULAMA (MINU) BALIKPAPAN

Cina, Jumrana (Unknown)
Yusuf, Iskandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

This study aims to analyze the implementation of teaching aids to enhance students' concentration at Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama (MINU) Balikpapan. The research employs a qualitative method with a descriptive approach, involving observations, interviews, and documentation. The findings indicate that the systematic use of teaching aids significantly improves students' concentration during learning activities. The implementation stages include identifying students' needs, selecting relevant teaching aids, integrating them into learning activities, and evaluating their effectiveness. The strategies applied include content adaptation, interactive delivery, and grouping students based on their abilities. The evaluation reveals that teaching aids positively impact both the learning process and outcomes by creating a more engaging and interactive learning environment. In conclusion, teaching aids are effective tools for enhancing students' concentration, accommodating diverse learning styles, and optimizing the learning process. This study recommends the use of innovative teaching aids to improve the quality of education in madrasahs. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi alat peraga dalam meningkatkan konsentrasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama (MINU) Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga secara sistematis mampu meningkatkan konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Tahapan implementasi meliputi identifikasi kebutuhan siswa, pemilihan alat peraga yang relevan, integrasi dalam kegiatan pembelajaran, dan evaluasi efektivitasnya. Strategi yang diterapkan mencakup adaptasi konten, penyampaian interaktif, dan pengelompokan siswa sesuai dengan kemampuan mereka. Evaluasi menunjukkan bahwa alat peraga memberikan dampak positif, baik dalam proses maupun hasil pembelajaran, dengan menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan interaktif. Kesimpulannya, alat peraga menjadi media yang efektif untuk meningkatkan konsentrasi siswa, mendukung keberagaman gaya belajar, dan mengoptimalkan proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan alat peraga yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...