Cendikia Pendidikan
Vol. 12 No. 1 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNO STACKO GAME UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS II SDN GESIKHARJO 01

Wildani, Nada Kamaliyah (Unknown)
Wiratama, Novialita Angga (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran Uno Stacko game yang layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Media dikemas dalam bentuk permainan tiga dimensi yang dilengkapi dengan soal-soal latihan penjumlahan dan pengurangan matematika bentuk soal cerita yang cocok untuk siswa kelas II SD. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas II SDN Gesikharjo 01. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar tes siswa yang berisi soal pretest dan posttest, angket respon guru, lembar validasi dari ahli bahasa, media, dan materi. Pada tahap validasi bahasa memiliki hasil persentase 80% “valid” pada tahap validasi materi memiliki hasil persentase 95% “sangat valid” pada tahap validasi media memiliki hasil persentase 90% “sangat valid”. Selain itu, hasil uji efektivitas dari angket respon guru dan siswa memiliki hasil persentase 98% dan 100% sehingga masuk dalam katergori sangat praktis. Ini menunjukkan bahwa media Uno Stacko Game dapat diandalkan, berguna, dan efisien untuk tujuan pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...